Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skoda Yeti (2009–2018) : Model Pertama SUV Popular Skoda

Skoda Auto telah menapaki 125 tahun perjalanan bersejarah. Skoda Yeti (2009–2018) adalah sport utility vehicle pertama yang menjadi salah satu tonggak penting.
Skoda Yeti. /Skoda Auto
Skoda Yeti. /Skoda Auto

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Auto telah menapaki 125 tahun perjalanan bersejarah. Skoda Yeti (2009–2018) adalah sport utility vehicle pertama yang menjadi salah satu tonggak penting.

Skoda pertama kali memasuki segmen SUV pada 2009 dengan model Yeti sebelum meluncurkan kampanye SUV dengan Kodiaq, yang dilanjutkan dengan Karoq, dan terakhir Kamiq. Akhir tahun ini, Enyaq iV--model bertenaga baterai 100% pertama merek--akan memperluas portofolio SUV.

Seperti semua model SUV yang muncul setelahnya, Yeti adalah Skoda sejati dan memenangkan hati pelanggan dengan kombinasi seimbang antara teknologi modern termasuk penggerak empat roda, desain yang khas, dan banyak detail praktis Simply Clever.

Pada pameran otomotif 2005 di Jenewa dan Frankfurt, Skoda menghadirkan dua mobil konsep SUV yang mendapatkan sambutan bagus dari pengunjung pameran perdagangan internasional itu.

Empat tahun kemudian, pada 5 Maret 2009, Skoda meluncurkan versi produksi seri Yeti, juga di Jenewa. Yeti adalah seri model kelima yang diluncurkan. Hanya satu bulan kemudian, pada 3 April, produksi seri dimulai di pabrik Kvasiny.

Sama seperti Skoda Trekka, Yeti baru dibuat di atas platform Octavia, tetapi kali ini merupakan generasi modern kedua dari model terlaris merek tersebut dalam versi Scout luar ruangan.

Meskipun ground clearance 180 milimeter, model SUV kompak ini terkenal dengan penanganan yang aman dan kelincahan yang tinggi. Selain konfigurasi dasar 4 × 2 dengan penggerak roda depan, Skoda juga menawarkan penggerak semua roda 4 × 4 canggih dengan kopling visco.

Skoda Yeti (2009–2018) : Model Pertama SUV Popular Skoda

Selain itu, ada mesin yang bertenaga namun irit. Dua mesin tersedia untuk versi model penggerak roda depan: mesin bensin empat silinder 1.2 TSI 105 hp (77 kW), yang mengikuti konsep perampingan, dan mesin injeksi langsung diesel turbo 2.0 liter bertenaga 110 hp (81 kW), yang juga bisa dikombinasikan dengan penggerak empat roda.

Versi yang lebih bertenaga dari mesin diesel dengan 140 hp (103 kW) dan 175 hp (125 kW) tersedia secara eksklusif untuk versi 4 × 4, seperti mesin bensin 1,8 TSI dengan 160 hp (118 kW). Kemudian, 1.4 TSI dengan 122 hp (90 kW) dan - dirancang khusus untuk model Greenline - 1.6 TDI dengan 104 hp (77 kW) melengkapi jangkauan mesin.

Yeti dengan cepat merebut hati pelanggan. Dibandingkan dengan Octavia Combi, SUV dengan panjang 4.224 milimeter, lebar 1.793 milimeter, dan tinggi 1.691 milimeter ini lebih kompak.

Skoda Yeti (2009–2018) : Model Pertama SUV Popular Skoda

Berkat posisi tempat duduk yang lebih tinggi, itu menawarkan visibilitas yang lebih baik dan lebih mudah untuk masuk dan keluar.

Pada saat yang sama, ia hadir dengan berbagai ide Simply Clever, seperti kursi belakang VarioFlex, yang telah ditampilkan di Skoda Roomster, yang dapat disesuaikan satu per satu atau dilepas seluruhnya.

Yeti juga mencetak poin dalam hal keamanan: dalam uji tabrak EuroNCAP yang menuntut, model tersebut mendapatkan peringkat bintang lima teratas.

Skoda Yeti (2009–2018) : Model Pertama SUV Popular Skoda

Pada Juni 2011, Skoda memproduksi Yeti ke-100.000 unit sebelum menerima penghargaan khusus hanya satu bulan kemudian: Jeremy Clarkson, presenter program BBC yang terkenal saat itu Top Gear, menyatakan model SUV "mungkin mobil terbaik di dunia ”- setelah mendaratkan helikopter di atap saat mobil sedang bergerak.

Pada 2013, Skoda meng-upgrade model Yeti secara komprehensif dan secara bertahap memperluas jangkauan mesin dan peralatan. Satu tahun kemudian, versi Monte Carlo yang sportif melengkapi seri ini.

Pada Oktober 2015, Yeti ke-500.000 unit diluncurkan dari jalur perakitan. Selain diproduksi di pabrik Ceko di Kvasiny, model ini juga dibuat di India, Rusia, Kazakhstan, dan Ukraina serta di China - dengan bodi yang diperpanjang.

Produksi SUV kompak berakhir pada 2018 setelah 683.603 unit kendaraan meluncur dari jalur perakitan. Skoda Karoq - penerus Yeti - telah diluncurkan setahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper