Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skoda Superb (1934–1949) : Pendiri Seri Model Andalan Era Tradisional

Skoda Auto telah melewati jalan panjang 125 tahun yang bersejarah. Model Superb menjadi salah satu tonggak perjalanan pabrikan Ceko tersebut.
Skoda Superb 3000 OHV. Mobil para bupati. /Skoda
Skoda Superb 3000 OHV. Mobil para bupati. /Skoda

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Auto telah melewati jalan panjang 125 tahun yang bersejarah. Model Superb menjadi salah satu tonggak perjalanan pabrikan Ceko tersebut.

Nama Suberb pertama kali digunakan untuk menunjukkan andalan dari rangkaian model Skoda pada 1934. Saat itu, nama Superb identik dengan kendaraan yang nyaman, senyap, dan responsif yang ditandai dengan interior yang lapang, tinggi -kualitas teknik, peralatan ekstensif dan mesin yang kuat.

Superb 3000 OHV, dibuat pada 1939 dan sekarang dimiliki oleh Museum Skoda, sering kali mewakili pabrikan mobil Ceko di acara mobil klasik.

Portofolio produk komprehensif dari perusahaan yang berbasis di Mladá Boleslav mencakup kendaraan mewah sejak awal abad ke-20. Mengikuti banyak model yang masih diproduksi sesuai dengan konsep tradisional dengan sasis rangka tangga, kendaraan generasi yang sama sekali baru memasuki pasar pada 1934.

Fitur paling mencolok dari Skoda 637 D dan K, serta Skoda 639 dan Skoda 640 adalah sasis rangka tubular pusat yang inovatif dan suspensi roda independen yang canggih

Penunjukan model Superb pertama kali ditemukan dalam entri buku harian oleh Karel Hrdlicka, kemudian manajer senior pabrik mobil Mladá Boleslav, pada 22 Oktober 1934.

Awalnya, Skoda 640 yang dimodernisasi diberi julukan ini, yang menang atas alternatif Regent. Segera menjadi jelas bahwa kendaraan ini memang luar biasa.

Pengembang memberikan perhatian besar untuk menghilangkan kebisingan dan getaran berkendara Skoda besar. Selain suspensi roda independen, kurva karakteristik yang nyaman dari pegas daun (disusun duplikat di poros belakang), serta mesin enam silinder segaris SV dengan kinerja pengoperasian yang unggul, memastikan pengalaman berkendara yang mulus.

Skoda Superb (1934–1949) : Pendiri Seri Model Andalan Era Tradisional

Mesin 2.492cc menghasilkan 55 hp (40,5 kW) dan juga memiliki pengaruh yang menentukan pada penunjukan tipe '640': '6' berarti jumlah ruang pembakaran dan '40' untuk output mesin, yang dalam hal ini diberikan dalam kilowatt bukan hp seperti yang terjadi sebelumnya.

Mobil yang panjangnya mencapai 5,5 meter itu mampu mencapai kecepatan tertinggi 110 km / jam dengan konsumsi standar 14 liter per 100 kilometer. Mobil diperlambat oleh rem hidrolik yang bekerja secara seragam.

Skoda Superb (1934–1949) : Pendiri Seri Model Andalan Era Tradisional

Produksi seri Skoda 640 Superb dimulai pada Maret 1935. Ketertarikan pelanggan segera terlihat dalam periode pengiriman empat pekan untuk model dengan bodywork tertutup.

Pihak yang berminat harus menunggu dua kali lebih lama untuk versi convertible. Pada 1936, versi modern muncul, yang untuk pertama kalinya hanya menggunakan nama Superb.

Perpindahan dan keluaran mesin enam silinder secara bertahap ditingkatkan, peralatan menjadi lebih ekstensif dengan setiap model tahun, dan desain terus disempurnakan. Sebagai andalan pemimpin pasar, Skoda Superb segera menjadi simbol mobil yang elegan, dinamis, nyaman, dan berkualitas tinggi.

Pada 1938, setelah membangun lebih dari 600 mesin enam silinder dengan kontrol SV dari katup yang diposisikan secara lateral, Skoda beralih ke konsep OHV yang lebih efisien dengan katup di kepala silinder.

Mesin 3000 OHV baru dengan kapasitas 3,137cc mendukung Superb sejak saat itu. Mesin ini menghasilkan output 85 hp (62,6 kW) pada 3.500 rpm dan - tidak seperti banyak model pesaing - sudah menampilkan sistem kelistrikan 12 volt modern.

Rangka tubular sentral yang ringan dan kaku dipadukan dengan suspensi independen terus memastikan tingkat kenyamanan berkendara yang tinggi di jalan raya, yang biasanya sangat buruk pada masa itu.

Skoda Superb (1934–1949) : Pendiri Seri Model Andalan Era Tradisional

Dengan peningkatan produk pada musim semi 1939, Skoda mengganti kap sayap dua bagian dengan penutup satu bagian yang dilipat ke atas ke belakang.

Pelanggan yang memilih Superb 3000 OHV juga memiliki pilihan varian model yang berbeda: dari kendaraan notchback hingga semi-convertible dengan bingkai jendela tetap dan saloon dengan partisi kaca antara jok depan dan belakang. Selain itu, bodi juga bisa dibuat khusus sesuai keinginan pelanggan individu.

Limusin Superb hitam dari armada Museum Skoda memiliki panjang 5,2 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,72 meter. Fitur uniknya termasuk dua roda cadangan di sayap depan dan dua kursi cadangan yang mengubah mobil menjadi tujuh tempat duduk.

Juga bagian dari pameran permanen adalah Superb 4000 yang satu tahun lebih muda - satu-satunya contoh yang masih ada dari seri kecil yang memiliki mesin V8 lebih besar.

Superb OHV yang baru direnovasi pada 1948 menarik perhatian pengunjung museum dengan warna emas metalik dan bentuk tubuh yang lebih modern. Skoda menghentikan produksi seri Superb pertama pada 1949.

Pada 2001, SKoda memperkenalkan kembali penunjukan model tanda tangan. Sejak itu, kata itu kembali digunakan untuk menunjukkan keunggulan rangkaian produk pabrikan mobil Ceko.

Sekitar 136.000 unit generasi Superb baru yang pertama telah diluncurkan dari lini produksi pada 2008, yang kedua - tersedia dengan penggerak empat roda dan juga sebagai Superb Combi - menemukan lebih dari 600.000 pembeli antara 2008 dan 2015.

Generasi ketiga saat ini telah menjadi di pasaran sejak 2015. Ia menerima facelift pada 2019 dan sejak itu juga telah tersedia sebagai SUPERB iV dengan penggerak hibrida plug-in.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper