Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bridgestone Perkenalkan Teknologi Enliten untuk Ban Mobil Listrik ID.3

Menyambut tren mobil listrik, Bridgestone kembali berkolaborasi dengan Volkswagen untuk mempersembahkan terobosan untuk menghadirkan ban berbobot ringan untuk kendaraan listrik terbaru, ID.3.
Volkswagen ID.3. /Volkswagen
Volkswagen ID.3. /Volkswagen

Bisnis.com, JAKARTA - Menyambut tren mobil listrik, Bridgestone kembali berkolaborasi dengan Volkswagen untuk mempersembahkan terobosan untuk menghadirkan ban berbobot ringan untuk kendaraan listrik terbaru, ID.3.

Bridgestone menciptakan Ban Turanza Eco pertama yang dirancang khusus untuk ID.3 dan merupakan ban pertama yang memiliki bahan baku lebih sedikit dari biasanya.

"Bridgestone sangat bangga untuk dapat turut serta mempersembahkan performa dan kebaikan untuk lingkungan secara bersamaan melalui Teknologi Enliten yang pertama kali dikenalkan melalui kendaraan listrik ID.3 milik Volkswagen," ujar Mark Tejedor, VP Original Equipment at Bridgestone EMIA, dalam keterangan pers, Rabu (12/8/2020).

Dengan Teknologi Enliten yang ramah lingkungan membuat ban Turanza Eco memiliki hambatan gulir yang sangat rendah hingga 30 persen dibandingkan dengan ban musim panas premium lainnya.

Hal ini berkontribusi pada kondisi mesin saat pembakaran hingga konsumsi bahan bakar dan saat emisi CO2, dan secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik – memastikan bahwa para pengemudi ID.3 dapat menikmati perjalanan sejauh mungkin.

Sebagai tambahan, ban dengan Teknologi Enliten mampu menghemat bahan bakar/baterai hingga 20% dibandingkan dengan ban musim panas premium lainnya.

Hal ini setara dengan penggunaan bahan baku yang 2 kg lebih ringan dibandingkan dengan kebutuhan bahan baku ban regular lainnya, sebuah keuntungan tambahan dari sisi sumber daya dan lingkungan.

Selain itu, keselarasan antara material unik dalam menciptakan teknologi Enliten dan proses pencampuran bahan baku unik dapat meningkatkan performa kompon tanpa mengenyampingkan pentingnya daya cengkram.

Kedua hal tersebut dikombinasikan dengan pola telapak tiga dimensi yang memaksimalkan kinerja saat berada di permukaan basah dan kering, yang berarti Teknologi Enliten mampu meningkatkan kendali kendaraan dan kenyamanan berkendara, dan dalam konteks ID.3, semua hal tersebut sesuai dengan target Volkswagen.

Ban Turanza Eco dengan Teknologi ENLITEN tersedia dalam 3 jenis ukuran yaitu rim 18, 19 dan 20 untuk Volkswagen ID.3. Khusus untuk ukuran 19 dan 20, ban ini dilengkapi dengan Teknologi B-Seal milik Bridgestone, yaitu mampu membuat kendaraan tetap mampu berjalan meskipun terkena benda tajam pada bagian telapak.

Karten Schebsdar, Head of Chassis Development Volkswagen mengatakan bahwa ID.3 adalah ciptaan terhebat setelah seri Golf sebelumnya, sehingga ban pada mobil ini haruslah ban sempurna agar para pengendara benar-benar dapat merasakan seluruh performa kendaraan dan keuntungan yang diberikan pada lingkungan.

"Maka dari itu kami memilih Bridgestone dengan Teknologi Enliten untuk ID.3. Pengurangan hambatan gulir yang signifikan dengan adanya teknologi ini, memberikan efek yang sangat besar pada daya baterai ID3., di mana hal ini sangatlah penting, ditambah saat ini banyak pihak yang menanyakan daya tempuh mobil listrik. Teknologi Enliten dapat membantu mengubah persepsi orang tentang visibilitas dari mobilitas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper