Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skoda Favorit (1987–1994) : Awal Era Modern

Skoda telah melewati perjalanan panjang bersejarah selama 125 tahun. Salah satu tonggak pentingnya adalah hadirnya Skoda Favorit pada 1987, yang menempatkan pabrikan mobil Ceko setara dengan pabrikan Barat.
Skoda Favorit. /Skoda
Skoda Favorit. /Skoda

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda telah melewati perjalanan panjang bersejarah selama 125 tahun. Salah satu tonggak pentingnya adalah hadirnya Skoda Favorit pada 1987, yang menempatkan pabrikan mobil Ceko setara dengan pabrikan Barat.

Model kompak Skoda dengan mesin depan dan penggerak roda depan ini membuka jalan bagi pengembangan merek Ceko yang belum pernah terjadi sebelumnya di bawah payung Grup Volkswagen dan meletakkan dasar bagi keluarga kendaraan yang sama sekali baru.

Pada saat yang sama, Favorit juga menikmati kesuksesan besar di sirkuit dan trek reli.

Antara 1905 dan 1963, mobil-mobil yang diproduksi di Mladá Boleslav hampir secara eksklusif dicirikan oleh konsep teknis penggerak mesin depan dan roda belakang yang dipasang secara longitudinal.

Pada 1964 notchback Skoda 1000 MB pecah dengan konvensi ini dan menandai era kendaraan dengan mesin belakang dan penggerak roda belakang di Skoda.

Dalam dekade-dekade berikutnya, konsep ini secara drastis membatasi kemungkinan menawarkan kepada pelanggan varian bodywork yang lebih luas. Negara, sebagai pemilik pabrikan mobil pada saat itu, memiliki dana yang terbatas untuk melakukan penyesuaian, sehingga konsep mesin belakang dan penggerak roda belakang dipertahankan hingga 1980-an.

Namun pada akhirnya, transisi ke kendaraan generasi baru tidak bisa lagi ditunda. Pada Desember 1982, pemerintah Cekoslowakia memutuskan untuk mengembangkan mobil modern dengan mesin yang dipasang di roda depan dalam waktu lima tahun dan mulai mempersiapkan produksinya.

Di Skoda di Mladá Boleslav, tim karyawan yang sangat termotivasi yang dipimpin oleh manajer proyek Petr Hrdlicka mulai bekerja dan - terlepas dari semua kendala ekonomi terencana pada saat itu - menciptakan model yang ringkas dalam waktu sesingkat mungkin tanpa rasa takut tidak unggul dibandingkan dengan model dari pesaing Barat.

Studio terkenal Stile Bertone dari Turin bertanggung jawab untuk merancang model hatchback dan varian bodi lainnya yang diturunkan darinya - dari sedan notchback hingga versi estate dan pikap.

Desain kendaraan baru berada di tangan para ahli Skoda, tetapi perusahaan Ceko itu juga meminta keahlian spesialis asing, seperti Porsche. Misalnya, pabrikan mobil sport ini memberikan dukungan pada suspensi mesin dan geometri gardan depan, serta berbagi pengalamannya dalam mengoptimalkan kebisingan interior.

Segera menjadi jelas bahwa Favorit baru mewakili kemajuan yang signifikan dan menunjukkan jalan ke masa depan.
Meskipun 40 milimeter lebih pendek dari pendahulunya Skoda 120, interiornya lebih panjang 85 milimeter dan karena itu menawarkan ruang yang cukup untuk kendaraan keluarga yang lengkap.

Versi real Forman dirilis segera setelah itu untuk pelanggan yang membutuhkan lebih banyak ruang interior. Tim pengembangan Favorit juga mencurahkan sumber daya yang signifikan untuk menguji model baru. Pengujian dilakukan di bawah kondisi laboratorium serta di daerah yang beriklim ekstrim seperti dataran tinggi Alpen dan teriknya musim panas di Riviera.

Favorit didukung oleh versi revisi menyeluruh dari mesin aluminium familiar dengan katup OHV overhead, yang menghasilkan 43 kW atau 46 kW dari perpindahan 1.289 cc dan mengikuti standar konsumsi dan emisi terbaru. Pada saat yang sama, tingkat kebisingan dan stabilitas mesin empat silinder juga ditingkatkan, memungkinkannya menempuh jarak hingga 250.000 kilometer sebelum servis penuh diperlukan.

Skoda Favorit secara resmi diperkenalkan pada 16 September 1987. Pertama kali diluncurkan dari jalur perakitan di pabrik Vrchlabí, dan produksi seri kemudian diluncurkan di Mladá Boleslav pada Agustus 1988.

Versi 136 L (deluxe) berharga CZK 84.600 pada saat itu, ini setara dengan gaji rata-rata 27,5 bulan sekitar 3.070 crown.

Setelah transformasi bekas Cekoslowakia dan transisi ke ekonomi pasar setelah Revolusi Velvet pada November 1989, Skoda mencari mitra strategis yang dapat mengamankan masa depan jangka panjang perusahaan di bawah kondisi ekonomi yang sangat berbeda.

Pada musim semi 1991, pabrikan mobil asal Ceko itu menjadi merek keempat yang bergabung dengan Grup Volkswagen. Tak lama kemudian, Favorit direvisi secara ekstensif, dengan fokus utama pada bidang kualitas, teknologi, keselamatan, dan desain.

Favorit tidak hanya sukses di pasar internasional tetapi juga dalam olahraga balap mobil. Versi reli 136 L / A memenangkan kelasnya di Reli Monte Carlo tidak kurang dari empat kali antara 1991 dan 1994 dan mengamankan Piala Dunia Formula 2 FIA untuk mobil reli berpenggerak dua roda dengan kapasitas dua liter pada 1994.

Antara Agustus 1987 dan September 1994, Skoda memproduksi 783.167 unit Favorit. Seiring dengan perkebunan Forman dan varian kendaraan komersial, termasuk pikap, total 1.077.126 kendaraan telah diproduksi pada pertengahan 1995.

Skoda Favorit (1987–1994) : Awal Era Modern

Pada musim gugur 1994, Skoda Favorit akhirnya digantikan oleh Skoda Felicia dan Felicia Comb.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper