Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tuah Model Baru Merangsang Pasar Mobil yang Lesu

Di tengah pandemi virus corona yang masih menekan perekonomian nasional, pabrikan otomotif terus menggencarkan peluncuran mobil baru sebagai upaya menstimulasi pasar kendaraan roda empat pada paruh kedua tahun ini.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  20:35 WIB
All new Toyota Corolla Cross.  - Auto2000
All new Toyota Corolla Cross. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah pandemi virus corona yang masih menekan perekonomian nasional, pabrikan otomotif terus menggencarkan peluncuran mobil baru sebagai upaya menstimulasi pasar kendaraan roda empat pada paruh kedua tahun ini.

Dari segmen kendaraan mewah, BMW Group Indonesia, termasuk Mini Indonesia menjadi merek yang paling rajin meluncurkan mobil baru di tengah pandemi virus corona. Sepanjang April – Juli 2020, BMW telah meluncurkan tujuh model dengan edisi terbatas.

Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania menyatakan seluruh peluncuran model baru telah disesuaikan dengan strategi perusahaan yang disusun sejak tahun lalu. Langkah ini juga diselaraskan dengan hasil riset internal.

“Untuk BMW semua strategi kendaraan yang akan diluncurkan itu sudah kami susun dari setahun yang lalu, bahkan mungkin lebih dari satu tahun. Jadi, memang ini sudah sesuai dengan timeline yang kami rencanakan,” ujarnya baru-baru ini.

Tujuh model yang telah diluncurkan BMW Group Indonesia dalam periode tersebut adalah Seri 6 GT, M5 35 Jahre Edition, Seri 3 Touring, Countryman Blackheath Edition, X6, MINI GT Edition, dan terakhir X3 M dan X4 M Competition.

Sementara itu, produsen mobil DFSK, pada akhir Juli 2020, secara resmi meluncurkan sport utility vehicle (SUV) pintar bernama DFSK Glory i-Auto. Mobil ini menawarkan fitur cerdas, i-Talk yang mampu menerima perintah suara atau voice command.

Sejak diperkenalkan pertama kalinya lewat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, fitur i-Talk terus mengalami peningkatan. Dari hanya mampu mendeteksi 59 perintah suara, kini i-Talk mampu menerima 100 perintah suara.

“Tim penelitian dan pengembangan DFSK meningkatkan kemampuan fitur i-Talk lebih responsif, inovatif, dan adaptif terhadap kebiasan-kebiasaan konsumen,” ujar Technical Manager PT Sokonindo Automobile Sugiartono.

Menstimulasi Pasar

Pandemi juga tidak menyurutkan semangat PT Toyota Astra Motor untuk merilis model baru. Pemimpin otomotif nasional dengan pangsa pasar lebih dari 30 persen ini, resmi menghadirkan SUV Corolla Cross pada 6 Agustus 2020.

Corolla, yang biasanya hadir dalam bentuk sedan, kini bertransformasi menjadi mobil keluarga berkapasitas lima penumpang. Model ini diluncurkan dalam dua tipe, yakni bermesin bensin dan hybrid electric vehicle (HEV).

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi mengatakan bahwa peluncuran Corolla Cross diharapkan mampu memenuhi permintaan pasar terhadap model SUV yang kian populer di Indonesia.

Menurut Anton, selain mengisi kebutuhan mobil SUV, peluncuran model baru Toyota di tengah pandemi virus corona juga diharapkan mampu menggairahkan kembali pasar otomotif nasional yang tengah mengalami kelesuan.

“Toyota ingin berkontribusi untuk menstimulus pasar dengan kehadiran Corolla Cross. Seiring dengan tren SUV sekarang, rasanya sudah saatnya menghadirkan Corolla Cross sebagai urban SUV,” ujarnya dalam peluncuran daring model tersebut.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menuturkan bahwa peluncuran produk baru diyakini mampu meminimalkan dampak dari turunnya permintaan pasar akibat wabah corona.

Menurutnya, selain peluncuran produk anyar, berbagai promosi penjualan, peningkatan layanan purnajual, penggunaan media digital, dan personalisasi layanan servis rumahan, mampu menjadi magnet untuk menarik konsumen.

Selama pandemi Covid-19, penjualan mobil baru di Indonesia mengalami perlambatan. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, realisasi penjualan ritel otomotif pada semester I/2020 mencapai 290.597 unit, turun 40 persen secara tahunan.

Kendati demikian, Gaikindo optimistis pada paruh kedua tahun ini, kinerja industri otomotif dapat menunjukkan indikasi positif dan mengalami pemulihan. Gaikindo juga menargetkan volume kendaraan roda bermotor roda empat atau lebih pada 2020 mencapai 600.000 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Baru Penjualan Mobil Promosi Penjualan
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top