Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW Motorrad Hadirkan R 18 Dragster, Big Boxer Berotot

BMW Motorrad menghadirkan R 18 Dragster, dragster yang menampilkan mesin boxer besar dan ikonik. Sepeda motor custom ini adalah karya desainer Roland Sands.
BMW Motorrad R 18 Dragster. /BMWn
BMW Motorrad R 18 Dragster. /BMWn

Bisnis.com, JAKARTA - BMW Motorrad menghadirkan R 18 Dragster, dragster yang menampilkan mesin boxer besar dan ikonik. Sepeda motor custom ini adalah karya desainer Roland Sands.

Roland Sands telah menelanjangi BMW R 18 untuk membuat dragster ini. R 18 Dragster tampil sebagai kendaraan yang berotot dan menonjolkan mesin yang begitu terlihat di bagian tengah.

BMW R 18 adalah cruiser bersejarah. Dengan R 18 baru, BMW Motorrad menghadirkan sepeda produksi seri pertama untuk segmen cruiser pada April 2020. Tidak seperti motor BMW yang lain, model ini berdiri sepenuhnya dalam tradisi sejarah sepeda motor BMW, baik secara teknis maupun desainnya.

BMW R 18 didasarkan pada model termasyhur BMW R 5, yang menekankan pada fokus utama sepeda motor : teknologi tanpa embel-embel dan mesin boxer sebagai pusat kesenangan berkendara.

Big Boxer melanjutkan lini mesin boxer berpendingin udara tradisional yang telah menawarkan pengendaraan inspiratif sejak BMW Motorrad pertama kali diproduksi pada 1923.

BMW Motorrad R 18 Dragster dihadirkan dengan membuat sketsa ide di atas kertas setelah menelanjangi R 18. Sketsa dibuat untuk mengetahui dasar-dasar bentuk dan bagaimana posisi dan geometri sepeda.

“Pada akhirnya, keajaiban yang sesungguhnya terjadi saat kita menghidupkan sketsa,” Roland menjelaskan.

Lebih dari sepeda motor lainnya, R 18 baru memang menawarkan desain yang dapat disesuaikan. Fitur bingkai belakang mudah dilepas dan set part mudah dibongkar. Karakter ini membuat pemiliknya punya keleluasaan untuk mengubah bagian belakang R 18 dengan mudah.

Selain itu, finishing cat juga bisa diganti sesuai selera pribadi. Peralatan elektronik jelas merupakan hal tersulit yang harus ditangani, terutama saat memasukkan nitrous oxide, melepas knalpot stok, dan mengubah intake secara drastis.

"Itu sedikit eksperimen, tapi kami berhasil! Produk akhir sangat mengesankan dan dicirikan oleh keahlian tingkat tinggi, seperti yang diharapkan dari BMW Motorrad. Sejak awal, saya tidak sabar untuk segera menyesuaikan!” Roland menunjukkan.

Untuk R 18 Dragster, Roland Sands mempertahankan geometri stock neck dari R 18, melepas bagian belakang motor, dan mengubahnya menjadi drag racer. Apalagi, mereka memilih memodifikasi spatbor depan dan belakang agar sesuai dengan rangka yang dimodifikasi.

Seluruh proses penyesuaian memakan waktu 3,5 bulan, sebelum sepeda motor itu dibawa ke bengkel untuk perakitan akhir.

“Setiap sepeda membutuhkan sumber yang berbeda tergantung pada bahan, bahan khusus, atau part. Setiap konsep sepeda baru merupakan proses pembelajaran bahkan setelah membangun lebih dari 200 sepeda. Kami selalu ingin memahami genre sepeda yang kami kembangkan, itulah kunci untuk menjaganya tetap otentik dan fungsional,” jelas Roland Sands.

Selain sepeda kustom R 18 Dragster, Roland Sands juga menciptakan dua koleksi desain berbeda dari bagian aluminium untuk peluncuran R 18 Cruiser : Machined dan 2-Tone-Black. Rangkaian keduanya mencakup roda depan dan belakang yang tersedia dalam dimensi berbeda dari ukuran standar.

Selain itu, rangkaian suku cadang giling eksklusif ini mencakup rumah speedometer, klem setang, riser, pegangan setang, tuas tangan dan spion serta elemen trim rumah engine, tutup pengisi, penutup peredam masuk, dan banyak lagi.

Untuk R 18 Dragster, Roland Sands menggunakan koleksi desain suku cadang 2-Tone-Black untuk menyesuaikan tuas, roda, penutup katup, pelat dada, lampu depan, dan pengukur. Bagian depan diambil dari BMW R nineT. Jok serta knalpot dibuat dari awal.

BMW Motorrad Hadirkan R 18 Dragster, Big Boxer Berotot

Detil R 18 Dragster

> Rangka telah dimodifikasi sepenuhnya menghilangkan suspensi belakang untuk balap drag.
> Fender depan dan belakang sedikit dimodifikasi menggunakan bagian lembaran logam stok untuk menjaga siluet R 18 klasik.
> Lampu depannya diambil dari R 18 asli dan disorot dengan bezel lampu depan dari koleksi desain komponen aluminium.
> Knalpot standar telah diganti dengan sistem megafon kembar stainless steel buatan tangan yang memanfaatkan ujung knalpot dari bagian aluminium.
> Silinder master rem hidrolik depan dan kopling berasal dari Roland Sands Design.
> Tangki telah diambil alih dari R 18 yang asli.
> Lapisan catnya adalah dua warna biru metalik dengan garis-garis putih klasik BMW oleh pelukis lama Roland Chr
Finishing catnya adalah dua warna biru metalik dengan garis-garis putih klasik BMW oleh pelukis lama Roland, Chris Wood.
> Garpu telah diambil dari BMW R nineT.
> Sistem pengereman depan diambil dari superbike BMW S 1000 RR.
> Kursi telah dibangun dari awal dan merupakan kursi khusus RSD oleh Saddlemen.

BMW Motorrad Hadirkan R 18 Dragster, Big Boxer Berotot

Roland Sands: Orang di Dalik Desain

Roland Sands tumbuh dengan sepeda motor ada dalam darahnya. Ayahnya adalah seorang pebalap drag yang membuat sepeda dan suku cadang khusus. Alhasil, Roland dibesarkan dengan dikelilingi oleh motor-motor keren. Selain menjadi modifikator, dia juga memiliki karir balap sendiri yang berlangsung selama 10 tahun.

Hari ini Roland adalah perancang dunia sepeda motor kustom. Ia menggabungkan gaya dan menciptakan genre baru dalam prosesnya. Menggabungkan estetika balap dan fungsi dengan gaya khusus. Inilah yang paling dikenal. Ia ingin membuat mesin berkinerja lebih baik.

Bagi Roland Sands, bersepeda motor bukan sekadar pekerjaan. “Sangat sulit untuk dijelaskan dalam beberapa kalimat. Mengendarai sepeda motor bagi saya seperti menyatu dengan mesin. Sepeda motor saya adalah hidup saya, itu segalanya, itulah yang saya lakukan. "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper