Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lamborghini Berencana Rilis Essenza SCV12 Hanya 40 Unit

Essenza SCV12 dilengkapi dengan mesin V12 paling kuat yang pernah dikembangkan Lamborghini.
Essenza SCV12, mobil sport terbaru yang segera diluncurkan Lamborghini./Istimewa
Essenza SCV12, mobil sport terbaru yang segera diluncurkan Lamborghini./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Automobili Lamborghini menghadirkan Essenza SCV12, hypercar yang hanya akan dijual dalam edisi terbatas 40 unit.

Mobil tersebut dikembangkan oleh Squadra Corse dan dirancang oleh Lamborghini Centro Stile.

Essenza SCV12 dilengkapi dengan mesin V12 paling kuat yang pernah dikembangkan Lamborghini. Mesin itu dipadukan dengan aerodinamika yang terinspirasi prototipe balap

CEO dan Ketua Automobili Lamborghini Stefano Domenicali mengatakan bahwa Essenza SCV12 akan mewakili pengalaman berkendara trek paling murni yang ditawarkan oleh merek asal Italia tersebut.

“Essenza SCV12 adalah kombinasi sempurna dari semangat tidak konvensional kami sebagai produsen mobil sport super dan semangat sejati kami untuk motorsport,” ujarnya melalui siaran pers, yang dikutip pada Sabtu (1/8/2020).

Dengan mesin V12, Essenza dapat menghasilkan tenaga lebih dari 830 tenaga kuda (horse power/hp). Pipa knalpot dirancang untuk mengurangi tekanan balik, meningkatkan kinerja, dan menekan suara unik dari mesin.

Tenaga tersebut disalurkan oleh gearbox enam kecepatan berurutan X-trac baru sebagai elemen struktural dalam sasis dikombinasikan dengan penggerak roda belakang untuk memastikan kekompakan, kontinuitas struktural, dan kekakuan torsional yang lebih besar.

Essenza SCV12 memiliki rasio power-to-weight 1,66 kg/hp berkat sasis iserat karbon generasi baru tanpa rollcage internal. Essenza SCV12 juga merupakan mobil GT pertama yang dikembangkan untuk menghormati aturan keselamatan prototipe FIA.

Sementara itu, manfaat aerodinamis dari pengalaman balap GT Lamborghini Squadra Corse berfungsi memastikan tingkat efisiensi dan tingkat gaya turun atau downforce yang lebih tinggi daripada mobil GT3, dengan nilai 1.200 kg pada 250 km/jam.

Desainnya mobil ini juga menampilkan sejumlah elemen heksagonal, termasuk bentuk lampu depan. Essenza SCV12 juga mendapat roda magnesium 19 inci untuk roda depan dan 20 inci roda belakang.

 Adapun, dari sisi interior, mobil ini memiliki banyak fitur Alcantara dan karbon dengan struktur berbentuk Y yang membagi kursi pengemudi dan penumpang.

SCV12 juga mendapatkan roda kemudi multifungsi dengan tampilan telemetri, serupa dengan model pada mobil Formula 1. SCV12 akan terdaftar dalam "klub eksklusif" sehingga memungkinkan para penggunanya mengendarai mobil ini di berbagai sirkuit balap global pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper