Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Pelajaran Rambu-Rambu Jalan dari Museum Mercedes-Benz

Museum Mercedes-Benz memiliki 1.500 ragam model kendaraan yang dipamerkan. Salah satu yang menarik kali ini adalah tema 33 Extras yang mengusung pesan budaya berkendaraan.
Rambu-rambu jalan tidak hanya harus dipasang tetapi juga dirawat. MERCEDES-BENZ
Rambu-rambu jalan tidak hanya harus dipasang tetapi juga dirawat. MERCEDES-BENZ

Bisnis.com, JAKARTA - Museum Mercedes-Benz memiliki 1.500 ragam model kendaraan yang dipamerkan. Salah satu yang menarik kali ini adalah tema 33 Extras yang mengusung pesan budaya berkendaraan.

Tema 33 Ekstra adalah sorotan khusus buletin serial Mercedes-Benz Museum Inside. Pesannya, mereka dapat menghidupkan sejarah mobilitas pribadi dan budaya kendaraan menggunakan detail yang seringkali mengejutkan.

Pameran ini berfokus pada cerita di masa lalu tentang bagaimana rambu-rambu sebagai bagian dari budaya berkendaraan. Adapun masalah hari ini adalah tentang tanda jalan yang berarti "Tidak ada akses untuk kendaraan bermotor".

9 Pelajaran Rambu-Rambu Jalan dari Museum Mercedes-Benz

Setidaknya ada sembilan sorotan tentang rambu-rambu jalan yang bisa diungkap di musium ini.

1.Informasi tegas.

Rambu-rambu jalan adalah petunjuk, jalan mana yang akan menuntun ke tujuan yang inginkan? Apakah jalan yang akan datang menawarkan bahaya tertentu? Siapa yang berhak? Dan seberapa cepat kita diizinkan mengemudi? Rambu-rambu jalan memberikan jawaban untuk banyak pertanyaan seperti itu. Banyak dari tanda-tanda ini menunjukkan simbol-simbol yang dipahami dengan baik di seluruh dunia. Tanda berhenti, misalnya, adalah salah satu tanda yang paling dikenal secara internasional.

2. Swadaya.

Pembuatan rambu-rambu dan tonggak sejarah setidaknya setua jalan raya kuno. Tapi sepeda dan mobil menciptakan tantangan baru: sekarang dibutuhkan rambu-rambu jalan yang memperingatkan situasi berbahaya dan bisa salah dibaca oleh pengemudi yang bepergian dengan kecepatan penuh. Sejak 1880-an, klub-klub sepeda di Inggris memasang tanda-tanda seperti itu, sementara di Jerman klub-klub motor melakukan sendiri hal itu sebelum 1925.

3. Bahasa isyarat.

Mobil membantu mengatasi batas-batas, itulah sebabnya aturan seragam internasional untuk rambu-rambu jalan itu sesuatu yang masuk akal.
Awalnya, pada 1909, Bulgaria, Jerman, Prancis, Inggris, Italia, Monako, Austria-Hongaria dan Spanyol menyepakati empat rambu jalan yang seragam. Masing-masing terdiri dari lingkaran biru dengan simbol dan memperingatkan jalan yang tidak rata, tikungan, penyeberangan tingkat dan persimpangan. Sejak 1968 telah ada “Konvensi Wina tentang Tanda dan Tanda Jalan” internasional yang telah disetujui oleh hampir 70 negara.

4. Kota & negara.

Pada awal abad ke-20 ada berbagai sistem rambu lalu lintas di Jerman dan terutama kota-kota besar yang berusaha sejak awal untuk membuatnya seragam. Fitur khas tahun 1920-an adalah "tanda kota", salah satunya termasuk dalam Museum Mercedes-Benz: tanda-tanda ini terdiri dari kombinasi bagian tengah melingkar dengan panah.

Jika menunjuk ke samping, panah menunjukkan arah perjalanan, dan menunjuk ke atas itu adalah tanda peringatan. Tanda berhenti atau "akses terbatas" memiliki panah yang mengarah ke bawah.

5. Motorsport.

Komunikasi tegas antara pit dan driver juga penting dalam olahraga motor. Pada perlombaan "Solitude" pada 12 September 1926, Alfred Neubauer, direktur perlombaan, menggunakan sistem tanda sendiri untuk pertama kalinya. Sistemnya terdiri dari bendera, tanda dan papan informasi untuk memastikan pitstop yang direncanakan dengan tepat. Hingga 1950-an, ia terus menyempurnakan sistem.

6. Inovasi.

Sejak penemuannya, mobil telah mengalami proses pengembangan teknis yang cepat dan rambu-rambu jalan juga tunduk pada proses inovasi. Generasi pertama dari tanda-tanda ini terbuat dari besi tuang dan diikuti oleh besi atau baja lembaran enamel yang di-vitreous dan, akhirnya, aluminium yang dilapisi foil.

Saat ini, banyak tanda di jalan raya dan juga di kota ditampilkan dalam bentuk digital sebagai tanda pesan variabel menggunakan teknologi LED.

7. Perawatan.

Rambu-rambu jalan tidak hanya harus dipasang tetapi juga dirawat. Sejak 1950-an, Mercedes-Benz Unimog, misalnya, telah digunakan dengan ikatan khusus untuk membersihkan rambu-rambu pinggir jalan.

9 Pelajaran Rambu-Rambu Jalan dari Museum Mercedes-Benz

8. Kemajuan digital.

Sistem navigasi satelit pada mobil juga dapat menampilkan rambu jalan di layar mereka sehingga pengemudi dapat dengan cepat menemukan jalan mereka dengan mempertimbangkan larangan dan peringatan akun. Sejak 2008, Mercedes-Benz Speed Limit Assist telah secara aktif membantu pengemudi mengenali rambu-rambu jalan pada rute mereka, dan sistem yang dipersonalisasi seperti MBUX dan Mercedes saya telah membantu pengemudi menavigasi sejak 2018.

9. Masa depan.

Pengenalan tanda jalan otomatis juga merupakan aspek penting untuk masa depan mobilitas. Selama beberapa dekade, Mercedes-Benz telah meneliti mengemudi secara otonom, termasuk proyek PROMETHEUS sejak tahun 1986 dan seterusnya. Pada 2013, mobil konsep "Bertha" (S 500 Intelligent Drive) melaju secara mandiri mengikuti jejak Bertha Benz dari Mannheim ke Pforzheim. Sejak 2016, ia telah menjadi fitur permanen dari koleksi kendaraan Mercedes-Benz Classic yang komprehensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper