Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

New Normal Dimulai, Ini Tips Berkendara Aman Bagi Bikers

Saat berkendara, utamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif.
Pengendara kendaraan pribadi saat jam pulang kerja memadati jalanan di Jakarta, Rabu (6/5/2020). BISNIS.COM
Pengendara kendaraan pribadi saat jam pulang kerja memadati jalanan di Jakarta, Rabu (6/5/2020). BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal, para pengguna sepeda motor harus membiasakan diri dengan sejumlah hal baru yang perlu diperhatikan dan dilakukan saat berkendara .

Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan bahwa selain mengecek kondisi motor, bikers perlu mempersiapkan perlengkapan berkendara atau riding gear sesuai standar, seperti helm, sarung tangan dan jaket.

“Para bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktivitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/6/2020).

Sebelum berkendara, lanjutnya, lakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Periksa kondisi sepeda motor terutama yang sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

Lucky mengatakan hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara guna mencegah benda asing masuk serta mengusap mata saat dalam perjalanan.

Bikers yang berkendara menggunakan buff sebaiknya tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya bekerja lebih baik. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya menutupi seluruh bagian tangan.

Utamakan keselamatan

Lucky menuturkan bawah saat berkendara, utamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif.

“Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah,” tuturnya.

Dia mengingatkan bikers wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah tiba di lokasi tujuan. Jika telah sampai rumah, upayakan mandi sebelum bertemu keluarga. Riding gear yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau di tas tersendiri.

“Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung,” lanjutnya.

Menurut Lucky, jaket berkendara dan sarung tangan yang telah digunakan sebaiknya langsung dicuci atau disemprot desinfektan, sehingga mampu mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus.

Dia juga menyatakan keselamatan dan kesehatan bikers menjadi kunci utama untuk dapat beraktivitas dengan produktif pada masa new normal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper