Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Luncurkan GR Yaris, Tampilan Mirip Mobil Reli

Toyota Motor Corportation resmi memperkenalkan jajaran baru untuk Model GR Yaris pada 2 Juni 2020. Menurut rencana model anyar tersebut akan mulai dijual di Jepang dan Eropa.
GR Yaris terbaru resmi diperkenalkan di Jepang, Selasa (2/6/2020)/www.toyota.co.uk
GR Yaris terbaru resmi diperkenalkan di Jepang, Selasa (2/6/2020)/www.toyota.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota Motor Corportation resmi memperkenalkan jajaran baru untuk Model GR Yaris pada 2 Juni 2020 kepada publik di Jepang. Menurut rencana model anyar tersebut akan mulai dijual di Jepang dan Eropa.

Dilansir dari laman resmi Toyota Global, Rabu (3/6/2020) pemesanan secara daring untuk model tersebut diklaim telah menembus angka 6.000 unit tersebar di Jepang dan Eropa. GR Yaris akan mulai dipasarkan pada September 2020.

GR Yaris terbaru menggabungkan konsep dari Toyota Gazoo Racing World Rally Team (WRC) tentang cara membuat mobil reli kompetitif, serta evaluasi oleh pengemudi profesional non-Toyota sejak tahap awal pengembangan.

Selain menggunakan aluminium untuk kap, pintu belakang, dan panel pintu, bagian atas dari GR Yaris juga dilengkapi panel atap plastik yang diperkuat serat karbon dan dibentuk menggunakan metode compound moulding.

Produksi akan dilakukan di GR Factory, yakni jalur produksi khusus yang didirikan di Pabrik Motomachi Toyota, Di sana, persiapan sedang dilakukan para anggota Tim Takumi, ahli pengrajin untuk merakit mobil.

Di pasar Jepang, model ini ditawarkan dalam tiga varian yakni RZ, RS, dan RC. Model RZ sebagai varian tertinggi diklaim memberikan stabilitas berkendara yang baik, akselerasi mumpuni, dan peningkatan kecepatan pada mesin.

Varian ini mengadopsi sistem 4WD sport “GR-Four” yang dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 6-percepatan ‘iMT’.

Model tersebut dibekali mesin 1.6 liter, turbo injeksi langsung tiga silinder segaris. Mesin ini segaris dengan daya 272 PS pada torsi 370 Nm.

Sementara itu, pemesanan secara online untuk kedua model edisi khusus RZ High-performance First dan edisi khusus RZ First Edition akan dibuka hingga 30 Juni di Jepang.

Pada varian RS yang hanya akan tersedia untuk pasar Jepang memiliki mesin Dynamic Force tiga silinder segaris 1,5 liter berpenggerak roda depan. Dengan kapabilitas tersebut, mesin mampu menghasilkan daya 120 PS pada torsi 145 Nm.

Sementara itu, varian RC dipersiapkan secara khusus untuk kustomisasi balap. Model ini dilengkapi mesin turbo direct-injection tiga silinder segaris 1.6 liter yang sama, sistem GR-Four sportif 4WD, dan transmisi manual 6-kecepatan "iMT" seperti RZ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper