Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Data Pribadi, Kendaraan Terhubung Tak Sama Dengan Smartphone!

Asosiasi Produsen Otomotif Eropa (ACEA) menyambut baik publikasi pedoman tentang data pribadi terkait kendaraan terhubung yang dirancang Dewan Perlindungan Data Eropa (EDPB). Namun, kendaraan terhubung itu tak sama dengan smartphone!
Kendaraan bermotor berbeda dari produk lain seperti smartphone karena mereka memiliki banyak pengguna dan karenanya banyak subjek data potensial. /ACEA
Kendaraan bermotor berbeda dari produk lain seperti smartphone karena mereka memiliki banyak pengguna dan karenanya banyak subjek data potensial. /ACEA

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Produsen Otomotif Eropa (ACEA) menyambut baik publikasi pedoman tentang data pribadi terkait kendaraan terhubung yang dirancang Dewan Perlindungan Data Eropa (EDPB). Namun, kendaraan terhubung itu tak sama dengan smartphone!

Direktur Jenderal ACEA Eric-Mark Huitema mengatakan bahwa industri mobil berkomitmen untuk menyediakan pelanggannya dengan perlindungan data pribadi tingkat tinggi.

“Itulah mengapa sangat penting bahwa pedoman ini dibuat lebih kuat. Memang, mereka perlu memberikan otoritas di Uni Eropa pemahaman yang baik dan umum tentang bagaimana aturan perlindungan data harus diterapkan di bidang kendaraan yang terhubung," katanya dalam keterangan resmi ACEA yang dikutip pada Rabu (20/5/2020).

Konektivitas biasanya menyiratkan bahwa kendaraan berkomunikasi dengan dunia luar, dengan data yang dikirimkan dari satu perangkat ke perangkat lain, seperti aplikasi mobile, kendaraan lain, dan infrastruktur.

Namun, pedoman EDPB perlu lebih dari pada hal tersebut dan mencakup komunikasi yang terjadi di dalam kendaraan. Huitema menilai pedoman EDPB tidak masuk akal, dan juga tidak selaras dengan pedoman nasional di beberapa negara anggota, seperti Prancis dan Jerman.

Demikian pula, pedoman itu seharusnya menjelaskan bahwa produsen kendaraan menjadi data pengontrol atau prosesor hanya sejak saat data meninggalkan kendaraan.

Selain itu, pemahaman EDPB tentang apa yang merupakan data pribadi tidak secara akurat mencerminkan kenyataan tentang bagaimana kendaraan bermotor digunakan dan terlalu luas, menurut ACEA dalam dokumen setebal 21 halaman yang menguraikan komentar industri otomotif pada pedoman.

Huitema mengingatkan bahwa, “Kendaraan bermotor berbeda dari produk lain seperti smartphone karena mereka memiliki banyak pengguna dan karenanya banyak subjek data potensial. Apakah data kendaraan dapat dianggap sebagai data pribadi harus dinilai dalam konteks pemrosesan data, dengan mempertimbangkan dampak pada subjek data dalam setiap kasus.”

Konkretnya, beberapa subjek data seperti penumpang atau pejalan kaki yang terlihat oleh kamera atau sensor yang menghadap ke luar tidak dapat diidentifikasi untuk produsen kendaraan. Sama halnya, beberapa data seperti konsumsi bahan bakar rata-rata atau kecepatan rata-rata adalah data teknis yang tidak terkait dengan subjek data, dan karenanya tidak memiliki dampak privasi apa pun.

Hal ini juga berarti bahwa subyek data tidak boleh memiliki hak untuk menghapus semua data kendaraan itu bertentangan dengan apa yang disiratkan oleh EDPB. Misalnya, data yang berkaitan dengan komponen (seperti versi perangkat lunak) atau status kesehatan kendaraan (seperti kode gangguan diagnostik) tidak boleh dihapus karena ini diperlukan untuk memastikan kepatuhan dengan keamanan produk dan hukum kewajiban produk, untuk dibawa pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan dan untuk melakukan inspeksi teknis berkala (yang ditentukan oleh hukum UE).

Draf pedoman memberikan penilaian rinci tentang pemrosesan data pada kendaraan yang terhubung berdasarkan Petunjuk ePrivacy, meskipun Petunjuk tersebut akan segera diganti dengan Peraturan ePrivacy yang baru. Jika diterbitkan dalam bentuk mereka saat ini, pedoman akan berisiko ketinggalan jaman segera, menyebabkan banyak kebingungan.

Oleh karena itu ACEA menyerukan EDPB untuk menunda penerbitan pedoman sampai konten Peraturan ePrivacy baru diketahui dengan pasti. “Kami pikir kualitas dan keakuratan pedoman lebih penting daripada kecepatan penerapannya,” kata Huitema. "Industri kami siap bekerja dengan EDPB untuk mencapai panduan pragmatis dan dapat diterapkan yang dapat memperkuat kepercayaan pelanggan pada teknologi konektivitas baru."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper