Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sportage, Model Terlaris Kia Nihil di Indonesia

Kia Motors Corporation telah mengumumkan hasil penjualan global April 2020, yang mana Sportage menjadi model terlarisnya. Di Indonesia, mobil bergaya sport utility vehicle nihil penjualan sejak beberapa tahun terakhir.
Kia Sportage 2020 menjalani debut di Chicago Auto Show 2020. SUV dengan desain Eropa dengan kemampuan yang kokoh. /KIA MOTORS
Kia Sportage 2020 menjalani debut di Chicago Auto Show 2020. SUV dengan desain Eropa dengan kemampuan yang kokoh. /KIA MOTORS

Bisnis.com, JAKARTA - Kia Motors Corporation telah mengumumkan hasil penjualan global April 2020, yang mana Sportage menjadi model terlarisnya. Di Indonesia, mobil bergaya sport utility vehicle nihil penjualan sejak beberapa tahun terakhir.

Kia mencatat penjualan globalnya sebanyak 134.216 unit, penurunan 41,1 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya. Nasib yang sama juga dialami oleh hampir semua pabrikan di tengah pelemahan pasar akibat tekanan dampak Covid-19.

Dalam laporan resmi yang dikutip Sabtu (16/5/2020), penjualan Kia banyak tertolong sejumlah model, terutama Sportage yang mencatat sebagai produk terlaris Kia.

Secara global, Sportage SUV berada di puncak penjualan Kia dengan penjualan 18.398 unit, diikuti oleh SUV Seltos dengan 16.655 unit dan sedan K3 (dijual sebagai Forte di beberapa pasar) dengan angka penjualan 13.120 unit.

Meski secara global menderita penurunan, Kia mampu mencatatkan kenaikan penjualan di Korea Selatan sebesar 19,9 persen dari tahun ke tahun menjadi 50.361 unit. Model-model baru seperti Sorento SUV semua-baru dirilis pada Maret dan sedan K5 (disebut Optima di beberapa pasar) yang dirilis Desember 2019 berkontribusi memacu selera pelanggan.

Di luar Korea Selatan, Kia mengalami penurunan penjualan hingga 54,9 persen dari capaian tahun sebelumnya menjadi 83.855 unit. Perusahaan juga sementara waktu menutup beberapa pabrik di luar negeri untuk mengekang penyebaran pandemi global Covid-19, yang merusak pasokan kendaraan.

Menanggapi lingkungan bisnis yang sulit akibat pandemi, Kia menyatakan akan proaktif mengelola risiko bisnisnya untuk mengatasi ketidakpastian dan bersiap menangkap momentum baru bagi penjualan dengan jajaran kuat model-model baru, seperti Sorento dan K5.

Di Indonesia, Kia telah absen sejak beberapa tahun terakhir dari keanggotaan Gaikindo seiring dengan melemahnya penjualan. Kia berupa bangkit kembali setelah keagenan merek diambil alih oleh Grup Indomobil melalui bendera PT Kreta Indo Artha (KIA) per Mei 2019.

Akan tetapi, model SUV Sportage dan Sorento, serta sedan Optima belum masuk dalam daftar model yang dipasarkan. Adapun beberapa model yang dipasarkan mencakup Kia Picanto, Kia Rio, Kia Grand Sedona, dan pikap Big-Up K2700.

Sepanjang kuartal pertama, Picanto mencatat penjualan penjualan 7 unit, Rio sebanyak 8 unit, dan Seltos sebanyak 213 unit. Grand Sedona yang hadir dalam dua pilihan mesin 2.199 AT dan mesin 3.342 AT terjual 11 unit. Adapun pikap K-2700 BIG-UP mencatat penjualan 13 unit.

KIA kembali hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (Giicomvec) 2020, setelah absen pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Tahun ini, KIA menjadwalkan hadir kembali di GIIAS 2020. Peluang kehadiran Sportage dan beberapa model baru KIA pun terbuka. Hanya saja, agenda pameran mobil tahunan terbesar di Indonesia itu pelaksanaannya masih dibayangi pembatalan akibat ancaman pandemi Covid-19.

Akankah KIA yang telah mendapatkan tenaga baru dari Grup Indomobil itu akan menghadirkan Sportage? Tunggu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper