Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UGM Ubah Daihatsu Xenia Jadi Mobil Siaga Covid-19

Mahasiswa Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memodifikasi Daihatsu Xenia menjadi mobil siaga virus corona atau Covid-19 untuk memeriksa masyarakat melalui tes swab.
Great New Daihatsu Xenia. /Daihatsu
Great New Daihatsu Xenia. /Daihatsu

Bisnis.com, JAKARTA – Mahasiswa Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memodifikasi Daihatsu Xenia menjadi mobil siaga virus corona atau Covid-19 untuk memeriksa masyarakat melalui tes swab.

UGM berinisiatif mengajak Daihatsu dalam pengadaan sebuah kendaraan keliling untuk membantu tenaga medis memeriksakan kesehatan masyarakat yang membutuhkan RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction).

Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affairs Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan Daihatsu merespons inisiatif itu dengan mendonasikan Daihatsu Xenia. Donasi itu merupakan komitmen perusahaaan dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Covid-19, sejalan dengan corporate social responsibility Sehat Bersama Daihatsu.

“Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi Covid-19. Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di area Jogjakarta,” ujarnya melalui siaran resmi, Senin (11/5/2020).

Mobil siaga Covid-19 berfungsi sebagai kendaraan tes swab keliling, yang akan membantu mobilitas tenaga medis dalam menjaga keamanan dan keselamatan. Saat pengambilan sampel, tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar mobil.

“Sehingga, selain tenaga medis lebih aman dan terlindungi, juga dapat menghemat penggunaan alat pelindung diri [APD],” tuturnya.

Mobil tersebut juga dilengkapi dengan bagasi logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien, serta perangkat komputer untuk melaporkan hasil tes swab secara real time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper