Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Tergoyahkan, Ini Kunci Toyota Avanza Jadi Model Terlaris

Pembaruan model, kuatnya layanan purnajual, dan besarnya kebutuhan pasar di segmen low multipurpose vehicle (LMPV) di Indonesia membuat Toyota Avanza tak terhentikan menjadi mobil terlaris di Tanah Air.
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaruan model, kuatnya layanan purnajual, dan besarnya kebutuhan pasar di segmen low multipurpose vehicle (LMPV) di Indonesia membuat Toyota Avanza tak terhentikan menjadi mobil terlaris di Tanah Air.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza menjadi model terlaris periode Januari-Maret 2020 dengan raihan penjualan 20.768 unit. Pada 2019, Toyota Avanza juga tidak tergoyahkan di daftar puncak mobil terlaris dengan raihan sebanyak 86.374 unit.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi, mengatakan terdapat beberapa faktor kuat yang membuat Toyota Avanza begitu diminati oleh konsumen Indonesia.

"Memang sudah diketahui secata umum bahwa Avanza menjadi produk LMPV yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia. Minor change pada 2019 dan layanan purnajual juga menjadi faktor kuat," kata Anton kepada Bisnis, Selasa (21/4/2020), di Jakarta.

Anton mengatakan mobil berkonfigurasi tujuh penumpang menjadi kebutuhan konsumen Tanah Air, yang gemar berpergian bersama keluarga, teman dan kerabat.

Sementara luasnya jaringan aftersales, kualitas servis dan stok suku cadang dari Avanza dinilai Anton sebagai keunggulan lain model tersebut.

Toyota Avanza pertama kali meluncur pada 11 Desember 2003 atau bertepatan dengan ajang Gaikindo Auto Expo. Saat itu, mobil ini ditawarkan dalam dua varian, yakni 1.3 E dan 1.3 G dengan transmisi manual. Generasi pertama ini bertahan hingga 2011.

Tepat 9 November 2011, Avanza mengalami perubahan secara keseluruhan. Dimensi mobil menjadi lebih panjang disertai fitur kabin mobil yang mampu meredam panas sinar matahari. Kursi pada baris kedua juga dapat digeser selain reclining.

Perubahan terakhir terjadi pada Januari 2019. Bagian eksterior dan interior dipoles untuk menarik minat konsumen. Ubahan paling mencolok terdapat di lampu depan dengan lampu utama LED terbelah dua, serupa MPV premium Toyota Voxy dan Vellfire.

Anton mengatakan nama Avanza diambil dari bahasa Inggris, advanced yang memiliki arti maju, lanjutan atau lebih tinggi. Namun, adapula yang mengartikannya dari bahasa Italia, yakni avanzato yang artinya maju.

Persaingan

Di kelas LMPV, Toyota Avanza bersaing ketat dengan Mitsubishi Xpander yang menjadi model terlaris kedua dengan total penjualan sebanyak 10.377 unit pada kuartal pertama 2020, turun 46 persen dibandingkan penjualan pada Januari-Maret 2019.

Dikutip dari laman resmi Toyota, model Avanza hadir dalam tujuh pilihan warna dengan lima varian mesin. Harga jual mobil ini dimulai dari Rp195,6 juta hingga Rp228,3 juta. Sementara Xpander tersedia dalam 6 pilihan warna dan 6 varian. Mobil ini dijual dengan harga mulai Rp215,8 juta.

Selain Xpander, Toyota Avanza juga bersaing dengan kembarannya yakni Daihatsu Xenia yang menduduki peringkat ketiga sebagai mobil LMPV terlaris. Diikuti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Ketiganya bersaing di rentang harga Rp198 jutaan hingga Rp241 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper