Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ducati Streetfighter V4, Motor Anyar yang Terinspirasi Joker

Lampu LED DRL yang miring membentuk mata yang marah sementara ruang hitam di bawahnya memberikan penampilan agresif seperti Joker.
Sketsa Ducati Streetfighter V4/Dok.-Ducati.
Sketsa Ducati Streetfighter V4/Dok.-Ducati.

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan motor asal Italia, Ducati, telah meluncurkan produk anyar yakni Streetfighter V4 beberapa waktu lalu.

Ternyata, ada kisah menarik di balik desain motor yang banyak dinilai hanya sebagai Ducati Panigale V4 tanpa fairing atau model telanjang (naked bike) dari Panigale.

Dilansir dari Motorcycle.com, Jumat (27/3/2020), Jeremy Faraud, salah satu desainer Ducati, mengungkapkan inspirasi desain untuk Streetfighter datang dari Joker, musuh Batman karena kepribadiannya yang terpecah. Dalam kasus Streetfighter, ini adalah mesin yang tenang dan elegan di jalanan, tetapi bisa menjadi liar dan agresif di arena sirkuit.

Faraud menjelaskan lampu LED DRL yang miring membentuk mata yang marah sementara ruang hitam di bawahnya menempati intake udara memberikan penampilan agresif seperti Joker.

Dari sisi tampilan Streetfighter memang naked bike, tetapi beberapa bagian dari Panigale V4 mengekspos mesin V4. Rangka depan adalah hal pertama yang jelas menunjukkan itu, kemudian bodi yang tersisa mengambil bentuk dan garis sudut yang sama dengan Panigale V4.

Pada jalur yang dilalui udara melalui radiator dan Anda dapat melihat bagaimana ekstraktor akan mengalihkan udara panas. Memindahkan udara panas sulit dilakukan pada sepeda motor dengan fairings minimal, tetapi Ducati Streetfighter menggabungkan ekstraktor yang terinspirasi F1 di belakang radiator untuk memindahkan udara panas dari pengendara. Ini juga memiliki manfaat sekunder sebagai titik pemasangan untuk sayap.

Streetfighter memiliki dimensi lebih panjang dari Panigale. Karena Streetfighter dimaksudkan untuk lebih rileks dan lebih nyaman daripada Panigale, jarak rodanya diperpanjang dibandingkan dengan Panigale 15mm. Langkah tersebut untuk mengurangi kecenderungan wheelie dan membuat Streetfighter sedikit lebih stabil.

Untuk menunjang kestabilan, Panigale V4 menggunakan sayap di kanan dan kiri serupa pada Panigale. Sementara itu tidak ada downforce yang hilang. Ducati mengatakan sudah ada 2 kg downforce pada kecepatan 50 kph, sementara pada 270 kph sama dengan downforce 28 kg. Menariknya, Ducati mengklaim distribusi downforce, dalam hal ini, adalah 20 kg di depan dan 8 kg di belakang.

Ducati Streetfighter V4, Motor Anyar yang Terinspirasi Joker

Ducati Streetfighter V4/Tempo-Motorcycle.com.

Tujuannya adalah untuk menambah cengkeraman roda, mengurangi kecenderungan wheelie, sambil menambahkan stabilitas dengan kecepatan tinggi, termasuk saat-saat pertama ketika Anda menginjak rem. Sayap juga meningkatkan aliran udara ke radiator air dan oli.

Meski model naked, Streetfighter punya tenaga mencapai 200 hp. Mesinnya adalah mesin panigale Stradale V4 1.103cc. Mesin ini memiliki konfigurasi V4 90º, 1103cc dengan katup desmodromik Ducati menghasilkan 208 hp, sedikit turun dari Panigale yang hanya 214 daya kuda. Yang mengejutkan meski power besar tapi 70 persen torsi motor terasa mulai 4.000 rpm.

Ducati memasang perangkat elektrik Bosch 6-axis IMU. Selain itu, ada ABS Menikung EVO, Kontrol Traksi Ducati (DTC) EVO 2, Ducati Slide Control (DSC), Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Power Launch (DPL), Ducati Quick Shifter (DQS) EVO 2, Kontrol Rem Engine (EBC) EVO dan Ducati Electronic Suspension (DES) EVO (hanya model S).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper