Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hankook Tire Siap Lakukan Buyback Saham Perusahaan

Kebijakan buyback saham dilakukan Hankook guna memperkuat bisnis perusahaan di tengah tantangan global akibat wabah virus corona.
Hankook Tire. /reuters
Hankook Tire. /reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen ban asal Korea Selatan Hankook Tire menyiapkan 50 miliar won Korea (KRW) untuk membeli kembali saham perusahaan dalam enam bulan ke depan guna memperkuat bisnis perusahaan di tengah tantangan global akibat wabah virus corona.

Vice Chairman Hankook Technology Group Hyun Shick Cho mengatakan selain buyback, perusahaan juga mempersiapkan strategi lain, yakni meningkatkan nilai dividen, menciptakan sistem organisasi penunjang untuk direksi independen, dan menerapkan sistem pemungutan suara elektronik.

"Seluruh upaya ini dilakukan demi meningkatkan nilai pemegang saham,” kata Hyun Shick Cho, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (26/3/2020), di Jakarta.

Pada periode penyelesaian (settlement) 2019, Hankook Technology Group membayarkan dividen secara tunai sebesar 350 KRW per lembar saham biasa, meningkat dari 2018 sebesar 300 KRW per lembar saham.

Selain itu, lanjutnya, langkah tersebut bertujuan memperkuat solvabilitas sekaligus mengamankan investasi masa depan dengan meningkatkan pendapatan dan profitabilitas melalui inovasi serta penjualan aset perusahaan yang tidak dimanfaatkan.

Hankook Tire pun berencana menjual properti perusahaan yang pasif, seperti gudang logistik di Pulau Yeongdo, Busan. Nantinya, hasil penjualan tersebut digunakan untuk membeli mesin produksi baru.

Hyun Shick Cho menyatakan industri mobil global sedang menghadapi situasi sulit seiring dengan penutupan sejumlah pabrik dan pengurangan jalur distribusi sebagai dampak dari wabah virus corona.

"Penurunan pendapatan perusahaan juga tidak terhindarkan, namun kami meyakini situasi ini merupakan jangka pendek dan kami akan bersiap untuk memperbaiki keadaan secepatnya setelah wabah ini berakhir," ujarnya.

Dia menuturkan Hankook Tire akan meningkatkan daya saing utama perusahaan lewat berbagai inovasi proaktif di industri ban, yang meliputi proses bisnis dari seluruh lini perusahaan, mulai dari fungsi product development, supply chain management, marketing, dan sales.

Hankoom juga akan berinvestasi lebih besar pada pengembangan ban untuk jenis kendaraan baru dan komoditi lainnya, serta memperkuat kapasitas pasokan produk.

"Di samping itu, perusahaan berupaya mencapai pertumbuhan penjualan dan meningkatkan pangsa pasar dan keuntungan dengan menambahkan jalur distribusi pasar domestik dan pasar global seperti Amerika Serikat dan Eropa," tuturnya.

Saat ini, kata Cho, Hankook berfokus mempertahankan pangsa pasar dengan menempatkan kepercayaan pemegang saham sebagai prioritas utama dalam pengambilan keputusan krusial, seperti pengadaan proyek baru di tingkat grup penjualan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper