Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar di Luar Pulau Jawa Topang Penjualan Honda

Di tengah meluasnya wabah virus corona (Covid-19), Honda kian memperkuat pasar daerah.
Honda Brio./Dok. Istimewa
Honda Brio./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Meluasnya pandemi virus corona atau Covid-19, khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya, dipastikan membuat pasar mobil tertekan, sehingga memacu penetrasi pasar di daerah.

Menurut data yang diolah dari Police Registration (Polreg) per 16 Maret 2020, pasar Jabodetabek berkontribusi sebesar 32 persen terhadap penjualan mobil atau sebanyak 20.689 unit dari total penjualan nasional.

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, mengatakan bahwa dampak virus corona mulai terasa terhadap penjualan mobil pada Maret 2020.

"Dampak dari wabah Covid-19, khususnya di Jakarta mulai terasa karena keterbatasan aktivitas di area publik," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Minggu (22/3/2020) di Jakarta.

Dia menyatakan perusahaan akan terus memonitor sejauh mana dampak virus corona bagi penjualan Honda. Sebab, kondisi saat ini tidak dapat diprediksi dan terus berubah begitu cepat.

Di tengah tertekannya pasar mobil di Jabodetabek, Billy mengatakan penjualan Honda pada periode Januari-Februari justru ditopang oleh penjualan di luar Pulau Jawa, yang tumbuh sekitar 16 persen dibandingkan periode pada tahun lalu.

Adapun pada rentang periode tersebut, lanjutnya, penjualan di Jabodetabek merosot sebesar 24 persen, sementara penjualan di luar Pulau Jawa berkontribusi sebanyak 34 persen dari total penjualan Honda di Indonesia.

"Kami berharap kondisi di luar Jawa masih terus akan lebih kondusif untuk dapat menjadi pendorong industri dan ekonomi di Indonesia," kata Billy.

Sementara dari sisi produksi, Billy memastikan pasokan bahan baku masih norma. Kendati demikian, dia terus memonitor perkembangan, sehingga dapat bertindak sesuai keadaan terkini agar kebutuhan pasar domestik dan ekspor terpenuhi. 

Di sisi lain, dia juga menyatakan bahwa Honda terus memperkuat komunikasi dengan pelanggan melalui media massa dan media digital, serta menjalin kontak dengan konsumen loyal Honda di tengah situasi saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper