Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Tunggu Aturan Teknis, BMW Luncurkan Mobil Listrik Tahun Ini

Aturan yang disiapkan oleh pemerintah akan berdampak efektif terhadap penjualan mobil listrik. Namun, kesadaran konsumen juga perlu ditingkatkan.
BMW Group Indonesia meluncurkan varian mobil terbarunya yakni BMW THE NEW 6 Gran Turismo M Sport atau BMW 630i Gran Turismo M Sport/Bisnis-Setyo Aji Harjanto.
BMW Group Indonesia meluncurkan varian mobil terbarunya yakni BMW THE NEW 6 Gran Turismo M Sport atau BMW 630i Gran Turismo M Sport/Bisnis-Setyo Aji Harjanto.

Bisnis.com, JAKARTA - BMW Group Indonesia tetap berkomitmen meluncurkan mobil listrik plug-in hybrid (PHEV) pada tahun ini. Peluncuran juga dipastikan tidak menimbulkan kekhawatiran konsumen di tengah mewabahnya virus corona atau COVID-19.

Communication Director BMW Group Indonesia Jodie O’Tania mengatakan tidak menunggu aturan terkait dengan insentif mobil listrik yang akan diberlakukan pemerintah pada 2021.

"Kami tidak pernah menunggu insentif atau regulasi, kami melihat bagaimana pasarnya karena kalau menunggu, kami tidak akan pernah launching," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Menurutnya, aturan yang disiapkan oleh pemerintah akan berdampak efektif terhadap penjualan mobil listrik. Namun, kesadaran konsumen juga diperlukan dalam menggenjot penggunaan kendaraan berbasis listrik seutuhnya.

"Demand pasti butuh dari market terlebih dahulu. Semua tergantung konsumen, jika mereka mau beli, semua pasti akan mengikuti. Jadi, bukan lagi dibalik seperti tunggu aturan dan lainnya," ucapnya.

Selain itu, BMW Group Indonesia juga memacu kinerja mobil listrik di Indonesia dengan bekerja sama dengan sejumlah instansi, seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pertamina, dan kementerian terkait.

Sebelumnya, BMW secara resmi mengumumkan bahwa mobil listrik mereka akan meluncur di Indonesia pada Juni 2020 atau bertepatan dengan penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Namun, pergelaran itu dipastikan ditunda hingga dua bulan ke depan akibat meluasnya wabah virus corona atau COVID-19.

"Tunggu saja tanggal mainnya, kami akan bawa meskipun Formula E ditunda," tutur Jodie.

Dia pun memastikan bahwa peluncuran mobil PHEV itu tidak akan menimbulkan kekhawatiran masyarakat di tengah pandemi virus corona, melalui peluncuran yang dilakukan secara kreatif. 

"Bisa saja peluncurannya secara virtual atau cara kreatif lain. Jadi tidak melulu peluncuran yang menghadirkan banyak orang. Kami mau memastikan orang-orang yang datang ke acara kita tidak khawatir," tuturnya.

Kendati demikian, Jodie belum dapat merinci secara detail tanggal peluncuran mobil listrik tersebut. Dia pun menegaskan komitmen BMW untuk aktif dalam era kendaraan listrik atau ramah lingkungan karena secara global, BMW baru saja meluncurkan mobil listrik baru yakni BMW i4 dan BMW i8 edisi spesial.

Semua produk BMW i diketahui diproduksi di pabrik khusus BMW i di Leipzig, Jerman. Mobil ini dirancang khusus untuk memaksimalkan faktor ramah lingkungan, termasuk sumber energi terbarukan, penerapan daur ulang cair, dan penanganan khusus pada limbah pabrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper