Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Virus Corona, Produksi dan Ekspor Sepeda Motor Masih Normal

Dua produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, PT Astra Honda Motor dan PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia, mengklaim produksi sepeda motor di pabriknya masih berlangsung normal.
Pabrik motor/Bisnis.com
Pabrik motor/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja produksi manufaktur kendaraan roda dua dinilai belum terdampak oleh wabah virus corona (COVID - 19) yang terus menjadi perhatian global.

Hal itu diakui oleh dua produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, PT Astra Honda Motor dan PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia.  Proses produksi sepeda motor di pabrik kedua produsen itu diklaim masih berlangsung normal meski dunia sedang dilanda wabah mematikan yang bahkan diinformasikan pemerintah telah menjangkit dua WNI. 

Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Antonius Widiantoro, mengatakan bahwa seluruh proses produksi di pabrik Yamaha di Pulogadung maupun di Karawang berjalan normal. Menurutnya, Yamaha Indonesia tetap waspada dan terus melakukan tindakan-tindakan pencegahan demi kesehatan dan keamanan bersama. 

“Sampai saat ini masih aman. Jadi, kami secara aktif terus memonitor perkembangan virus corona ini,” kata Anton kepada Tempo, Selasa (3/3/2020).

Dia juga mengklaim bahwa kegiatan ekspor dan impor hingga saat ini masih berjalan seperti biasa. “Belum ada pembatasan maupun perubahan,” kata dia.

Di sisi lain, PT Astra Honda Motor (AHM) mewaspadai dampak dari virus corona terhadap produksi di pabrik mereka di Indonesia.

General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbudin menyampaikan bahwa secata tidak langsung virus corona dapat menggangu produksi PT AHM.

“Beberapa supplier datang dari luar,” kata Muhib kepada Tempo, Senin, (2/3/2020).

Menurut Muhib, perusahaan secara berkesinambungan mengantisipasi kemungkinan terdampak wabah virus corona, khususnya dalam hal produksi di pabrik.

“Dari analisa kami sampai saat ini produksi masih aman sesuai rencana,” ujar dia. 

Perusahaan, lanjut dia, akan terus memonitor dan membuat counter measure-nya jika terjadi kendala dalam hal produksi karena virus corona.

AHM memiliki pabrik perakitan sepeda motor dan mesin di Sunter, Cikarang, Kelapa Gading, dan Karawang. Berdasarkan data di website astra-honda.com, pabrik AHM memiliki kapasitas produksi 5,8 juta unit per tahun.

Pabrik ini juga melakukan ekspor sepeda motor seperti Honda BeAT, Honda ADV 150, Honda CBR205RR, dan sebagainya. Kegiatan ekspor Honda juga diklaim masih berjalan normal dan belum terdampak virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper