Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesaing Bermunculan, Honda Optimistis Jaga Pangsa Pasar SUV

Di segmen SUV kompak Honda HR-V menjadi salah satu model paling laris di Tanah Air.
Honda HR-V 2019. /Honda
Honda HR-V 2019. /Honda

Bisnis.com, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) optimistis tetap kompetitif di pasar sport utility vehicle (SUV) yang mulai dipadati produk baru dengan tawaran harga miring.

Direktur Inovasi Bisnis, Penjualan dan Pemasaran HPM Yusak Billy menuturukan bahwa segmen SUV tengah menjadi primadona di pasar otomotif. Hal ini membuat semakin banyak pesaing tertarik untuk masuk ke segmen tersebut.

“Segmen SUV saat ini memang salah satu pasar yang sangat berkembang dengan semakin banyak model yang menjadi pilihan konsumen. Hal ini juga terjadi karena tren dan kondisi jalan Indonesia yang cocok untuk mobil SUV,” katanya kepada Bisnis, Senin (20/1/2020).

Kendati persaingan semakin ketat, dia meyakini Honda memiliki lini produk yang kuat untuk bersaing di segmen itu. Dua model andalan Honda, yakni CR-V dan HR-V, diyakini masih memiliki taji untuk mencatatkan penjualan positif di segmen SUV.

“Honda memiliki produk yang kuat di segmen SUV, antara lain CR-V yang merupakan salah satu pionir SUV di Indonesia dan HR-V yang menjadi salah satu best selling SUV di Indonesia,” katanya.

Dia mengatakan untuk menghadapi ketatnya persaingan di segmen ini, HPM mempersiapkan strategi penyegaran untuk kedua produk tersebut. Hal ini juga akan didorong dengan racikan program penjualan untuk menarik hati konsumen.

Selain itu, meski banyak pesaing di segmen SUV yang menawarkan produk dengan harga miring dia tetap meyakini layanan purnajual dan brand value Honda akan menjadi pembeda. Menurutnya, konsumen di segmen ini tidak semata-mata memutuskan pembelian unit berdasarkan harga ataupun kebaruan produk.

“Kami juga percaya bahwa konsumen SUV adalah smart buyer yang tidak hanya melihat dari sisi harga dan kebaruan, tetapi juga brand value, dukungan purna jual serta resale value-nya nanti,” ujarnya.

Di segmen SUV kompak HR-V menjadi salah satu model paling laris di Tanah Air. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan model ini selama Januari—November tahun lalu mencapai 18.787 unit, turun 33,56% secara tahunan.

Meski begitu, jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Mazda CX-3, Toyota C-HR, dan Wuling Almaz, model ini masih menduduki posisi teratas. Namun, Wuling Almaz yang masuk dengan harga miring pada tahun lalu berhasil menjadi kuda hitam dengan penjualan 7.429 unit pada periode yang sama.

Pada awal tahun ini persaingan semakin ketat dengan hadirnya pemain baru seperti Kia All New Seltos. Mengandalkan skema impor utuh dari India, model ini dipasarkan dengan harga kompetitif untuk menggoyang persaingan pasar SUV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper