Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Jual Mobil Bekas Terendam Banjir

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta Herjanto Kosasih mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan mental.
Mobil terendam banjir di perumahan Ciledug Indah 1, Tangerang, Banten, Rabu (1/1/2020)./ANTARA -Muhammad Iqbal
Mobil terendam banjir di perumahan Ciledug Indah 1, Tangerang, Banten, Rabu (1/1/2020)./ANTARA -Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA – Harga jual kendaraan bekas terendam banjir sudah pasti akan jatuh. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar harga jual mobil bekas banjir tidak terlalu rendah.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta Herjanto Kosasih mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan mental. Menurutnya, pemilik kendaraan harus menerima bahwa harga jual mobilnya akan mengalami penurunan.

Setelah itu, pemilik kendaraan diharapkan melakukan perbaikan di bengkel resmi terlebih dahulu sebelum menjualnya. Hal ini akan jauh meningkatkan harga jual mobil dibandingkan dijual dengan kondisi apa adanya. Selain itu, bakal sulit menemukan pedagang yang mau membeli unit dalam kondisi seperti itu.

“Namanya bekas banjir itu enggak ada obat, jadi siapkan mental dulu pasti nyungsep ini harganya. Benerin dulu di bengkel yang benar, jangan bengkel abal-abal karena mobilnya sudah kebanjiran, kalau dalam kondisi begitu langsung dijual harganya paling cuma sisa 30—40 persen,” katanya kepada Bisnis, Rabu (8/1/2020).

Adapun, dalam kondisi sudah diperbaiki, nilai jual mobil akan lebih baik. Dia memperkirakan untuk model seperti Avanza dan Xenia yang harga jual mobil bekasnya di kisaran Rp150 juta, penurunan harganya akan berkisar Rp10 juta—Rp20 juta dari harga normal.

Dia menambahkan mobil dengan harga lebih tinggi akan mengalami penurunan harga yang lebih dalam. Menurutnya, mobil dengan harga di atas Rp500 juta, hingga merek-merek mobil mewah harganya akan turun drastis.

“Contohnya kalau supercar, misalnya Maserati, Lamborghini, itu kan mampus, kalau kelelep itu udah mampus, ratusan juta itu turunnya. Dan itu kan mobil Eropa, itu kan enggak murah, apalagi kalau dia panik dia nyalain, rusak segala macam, harusnya jangan,” katanya.

Mobil bekas banjir, katanya, juga akan menyulitkan pedagang mobil bekas untuk menemukan pembeli baru. Biasanya, mobil-mobil bekas banjir dilego ke luar daerah. Namun, hal ini juga akan tetap dilakukan secara selektif oleh para pedagang.

Secara umum, pemilik kendaraan yang tidak begitu menguasai mesin dan teknis mobil disarankan untuk segera memperbaiki dan menjual mobilnya. Pasalnya, mobil yang sudah terkena banjir akan cenderung terus mengalami penyakit kambuhan.

Dia juga menyarankan para pemilik mobil untuk senantiasa jujur terkait kondisi mobilnya yang terkena banjir. Mencoba menutup-nutupi kerusakan yang diakibatkan rendaman air hanya akan mempersulit proses penjualan.

“Intinya, triknya adalah harus jujur, kejujuran ini barang langka. Bahwa mobil ini bekas banjir, orang akan menghormati, karena sudah diperbaiki di bengkel resmi dan segala macam, tapi kalau coba mau nipu, malah jadi segketa. Lebih baik jangan begitu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper