Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Anda Terendam Banjir? Ini 5 Langkah Pertolongan Pertama Menurut Auto2000

Pertama, segera lepaskan kabel negatif aki.
Mobil terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020)./ANTARA - Sigid Kurniawan
Mobil terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020)./ANTARA - Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Banjir yang terjadi sejak Rabu (1/1/2020) momok bagi para pemilik kendaran di area DKI Jakarta dan sekitarnya. Auto2000 membagikan petunjuk praktis yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama jika mobil Anda terendam air.

Dikutip dari siaran pers, Kamis (2/1/2020), pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk mobil yang terendam banjir terdiri dari lima langkah, yakni:

Pertama, segera lepaskan kabel negatif aki. Hal ini dilakukan guna menghindari hubungan arus pendek atau korsleting arus listrik yang dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.

Kedua, jika memungkinkan, untuk memindahkan mobil lakukan dengan cara mendorong. Jangan sekali-kali mencoba untuk menyalakan mesin karena dapat menyebabkan adanya korsleting dan air banjir akan terhisap masuk ke dalam mesin.

Ketiga, segera non aktifkan rem parkir lalu gunakan batu atau masukkan persneling ke gigi 1 untuk transmisi manual atau posisi P untuk transmisi otomatis. Hal ini dapat menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.

Keempat, periksa semua oli atau pun minyak, baik mesin, transmisi, dan lainnya karena kemungkinan oli atau minyak tersebut sudah tercampur air. Lebih baik apabila, pemilik kendaraan menguras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru.

Kelima, jika kendaraan masih memungkinkan untuk dikendarai, segera bawa ke dealer resmi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kendaraan yang sudah menggunakan ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.

Saat dihubungi Bisnis, Edwin Dwi Novianto, Service Head Auto2000 Permata Hijau mengatakan bahwa hingga siang hari, Kamis (2/1/2020), pihaknya sudah menerima sekitar 10 unit mobil yang memerlukan perbaikan akibat dampak banjir.

Menurutnya, selain lima tahapan tadi, komponen interior juga perlu pembersihan akibat lumpur tebal yang mengotori lantai, karpet, dan jok, bahkan dashboard jika level air sudah cukup tinggi.

"Selain itu, apabila ketinggian air sudah sampai merendam area mesin, masalah yang sering muncul adalah rusaknya Engine Control Unit, sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Apabila pelanggan Toyota membutuhkan layanan Emergency Road Assistance, dapat menghubungi nomor 1500898," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper