Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Otomotif Lesu, Grup Astra Siapkan Program Cicilan Murah

Grup Astra akan menggelar Astra Auto Fest 2019 pada 22-24 November di Astra Biz Center, BSD City.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Grup Astra terus memacu penjualan kendaraan menjelang akhir tahun, salah satunya melalui program cicilan dengan bunga kompetitif.

Data Gaikindo yang diolah PT Astra International Tbk., menunjukkan penjualan kendaraan pada Januari-Oktober 2019 sebanyak 849.609 unit, melambat 11,76% dibandingkan periode yang sama 2018. Hampir semua merek mengalami perlambatan penjualan karena kondisi domestik dan perang dagang yang terjadi pada tahun ini.

Dari total penjualan pada Januari-Oktober 2019, merek di bawah naungan Grup Astra seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Truck dan Puegeot ikut melambat tetapi masih lebih baik dari pasar otomotif. Hal itu membuat Grup Astra memperbesar pangsa pasar dari level 50,32% pada Oktober 2018 menjadi 52,68% pada tahun ini. 

Kontributor penjualan terbesar Grup Astra berasal dari Toyota yang mampu memperbesar pangsa pasar menjadi 32,56% dari periode yang sama 2018 sebesar 30,61%. Setelah Toyota terdapat Daihatsu dan Isuzu yang pangsa pasarnya masih konsisten seperti tahun lalu.

Untuk membantu penjualan, Grup Astra akan menggelar Astra Auto Fest 2019 pada 22-24 November di Astra Biz Center, BSD City. Selama 3 hari pameran, Grup Astra menargetkan penjualan sebanyak 1.505 unit, naik dari realisasi penjualan pada kegiatan serupa tahun lalu yang sekitar 1.000 unit.

Project Leader Astra Auto Fest 2019 Gunawan Salim mengatakan target sebanyak 1.505 unit merupakan target minimal karena pada pameran tahun ini Grup Astra melakukan sinergi yang lebih baik antara lini otomotif dan keuangan. Pasar otomotif turun cukup dalam sehingga pameran Astra Auto Fest 2019 diharapkan ikut membantu penjualan khususnya kendraan roda empat.

“Pasar turun, ini salah satu upaya membantu meningkatkan penjualan,” ujarnya, Senin (18/11/2019).

Sebanyak 19 lini bisnis Grup Astra akan terlibat dalam pameran ini. Dia menuturkan pada Astra Auto Fest 2019 digelar program cicilan bunga sesuai tenor yakni suku bunga 1% untuk 1 tahun hingga 5% untuk 5 tahun.

Dia optimsistis penjualan kendaraan Grup Astra selama pameran akan berada di atas 1.505 unit karena target tersebut merupakan angka minimal. Penjualan sepeda motor ditargetkan sebanyak 100 unit untuk Genio, sementara model Honda lainnya diprediksi akan ikut berkontribusi.

“Masih punya [Honda] ADV, big bike dan lainnya. Motor sekitar 200 unit sampai 250 unit karena fokus kami ke mobil.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper