Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAPORAN DARI TOKYO MOTOR SHOW : Ini Mobil Serbaguna Masa Depan dari Toyota!

President Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda mengatakan, e-Palette dijadwalkan debut pada Olimpiade dan Paralympic Games Tokyo 2020.
Toyota e-Palette. BISNIS/Fatkhul Maskur
Toyota e-Palette. BISNIS/Fatkhul Maskur

Bisnis.com, TOKYO – Toyota Motor Corporation memperkenalkan sejumlah produk mobilitas masa depan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019, yang akan dibuka untuk umum mulai Kamis (24/10/2019). Salah satunya adalah e-Palette.

President Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda mengatakan, e-Palette ini dijadwalkan debut pada Olimpiade dan Paralympic Games Tokyo 2020. Di masa depan, e-Palette akan dapat menjadi kantor, toko, atau bahkan hotel.

"Itu akan dapat menjadi berbagai jenis layanan, dan itu akan melayai orang-orang," ujar Toyoda saat memberi kata sambutan pada press conference TMS 2019, Rabu (23/10/2019).

Minibus e-Palette adalah contoh moda transportasi yang sanggup memenuhi segala kebutuhan kendaraan masa depan.

Siap operasi di ajang Olympic dan Paralympic Tokyo 2020, e-Palette merupakan kendaraan elektrifikasi yang berjalan secara otonom untuk nantinya dipakai bersama-sama di seputar venue olimpiade sebagai sarana mobilitas pengunjung, staf, dan peserta secara aman, cepat, dan nyaman.

Tampilan luarnya terlihat unik, dengan bodi mengotak besar dan simetris, serta keempat roda di ujung bodi untuk menunjang manuver di area terbatas.

Proporsi tubuh seperti ini membuatnya memiliki area kabin yang lapang, lega, tinggi, dan rata, serta terciptanya akses keluar dan masuk yang mudah dan cepat berkat pintu geser besar di tengah.

Minibus dengan penggerak BEV ini sanggup menampung hingga 20 orang penumpang dalam kondisi normal. Dengan dimensi panjang 5.255 mm, lebar 2.065 mm, tinggi 2.760 mm, dan wheelbase 4.000 mm, e-Palette sanggup menampung hingga 4 kursi roda dan 7 penumpang sekaligus.

Kendaraan itu juga memiliki sistem yang memudahkan pengguna kursi roda untuk naik dan turun. Memiliki kecepatan maksimal 19 km/jam dan jarak tempuh sekitar 150 km, kendaraan otonom ini dapat berkomunikasi dengan orang di sekitarnya via lampu LED di depan dengan tulisan “I’m running” ketika berjalan dan “After you” saat berhenti disertai mimik muka (lampu) lucu dan mengundang atensi.

Sebagai mobil otonom, e-Palette sudah mencapai level 4 dari 5, yang artinya sudah mampu bergerak sendiri tanpa campur tangan manusia.

"Atlet Olimpiade dan Paralimpik bekerja tanpa lelah untuk mencapai hal yang mustahil, dan kami ingin menyediakannya mereka dengan kendaraan yang dirancang khusus dan dikalibrasi agar sesuai dengan kebutuhan mobilitas mereka selama Tokyo 2020, "ujar Takahiro Muta, pemimpin pengembangan untuk versi unik dari e-Palette versi Tokyo 2020.

Toyota akan memasok hingga 20 kendaraan e-Palette yang dirancang khusus untuk mendukung mobilitas atlet di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper