Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika Masuk Indonesia Harga Prius PHEV di Bawah Rp1 Miliar

Harga mobil listrik hibrida colokan itu diproyeksikan berada di bawah Rp 1 miliar atau lebih murah dari model PHEV merek Jepang lainnya.
Prius/Toyota
Prius/Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota terus berupaya untuk memasarkan Prius PHEV di Tanah Air pada sisa tahun ini. Harga mobil listrik hibrida colokan itu diproyeksikan berada di bawah Rp 1 miliar atau lebih murah dari model PHEV merek Jepang lainnya.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, sejak awal tahun, Toyota telah merilis sekitar 10 model kendaraan baru maupun facelift. Perusahaan masih menyiapkan satu model kendaraan listrik untuk diperkenalkan pada tahun ini yakni model PHEV (plug in hybrid electric vehicle).

Jika Masuk Indonesia Harga Prius PHEV di Bawah Rp1 Miliar

Tampak depan samping Toyota Prius/Toyota.

“Tinggal satu lagi yang kami tunggu sih yakni Plug-in hybrid, Prius. Sebenarnya lebih ke TMC [Toyota Motor Corporation] sebagai principal karena kami minta izin ke mereka untuk memperkenalkan di Indonesia,” ujarnya di sela-sela peluncuran New Calya di Jakarta, Selasa (16/9/2019).

Anton menuturkan, upaya TAM untuk memperkenalkan model tersebut sejalan dengan arah pemerintah untuk mengembangkan kendaraan listrik di Tanah Air. Toyota tidak hanya ingin menyajikan produk HEV tetapi juga PHEV hingga BEV.

Saat ini, Toyota telah memasarkan empat model hybrid electric vehicle (HEV) yakni Camry, C-HR, Alphard dan Corolla Altis. Tren penjualan beberapa model hibrida Toyota sejauh ini tergolong sangat baik berkat selisih harga HEV yang tidak terlalu besar dengan model konvensional.

“Karena pemerintah mendorong elektrifikasi, kami mau support tidak hanya dari HEV tapi juga PHEV juga. Jadi, kami lagi menunggu. Kami berharap atau kami berusaha pada tahun ini, masih ada sisa waktu sekitar 3 bulan,” ujarnya.

Anton menjelaskan, TAM telah mengajukan permintaan kepada TMC pada tahun ini. Normalnya, untuk model-model baru butuh waktu sekitar 2 tahun untuk mengantongi izin. Namun, Toyota Indonesia terus berupaya untuk bisa memperkenalkan model PHEV itu tahun ini.

Jika Masuk Indonesia Harga Prius PHEV di Bawah Rp1 Miliar

Dashboard Prius/Toyota

Adapun untuk harga, kata Anton, perhitungan sementara TAM harga jual Prius PHEV dan ditargetkan barada di bawah Rp1 miliar. Namun, secara faktual harga itu sangat tergantung pada nilai tukar karena model Prius PHEV didatangkan dari Jepang.

“Faktor Yen [mata uang Jepang] ini kan lagi menguat sekali jadi itu juga harus hitung lagi. Harapannya di bawah Rp1 miliar,” katanya.

Sejauh ini, merek Jepang lainnya telah memperkenalkan model PHEV ialah Mitusbihsi Motors yang merilis Outlander PHEV pada GIIAS 2019. Berbeda dengan Prius PHEV yang merupakan sedan, Outlander merupakan sebuah sport utility vehicle (SUV) 4x4.

Tingginya pajak sebagai model SUV 4x4 dan barang mewah membuat harga jual Outlander PHEV di dalam negeri menyentuh angka Rp1,28 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper