Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Gratiskan Tambah Daya Bagi Pemilik Kendaraan Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyediakan sejumlah insentif kepada pemilik kendaraan listrik.
ilustrasi. /REUTERS
ilustrasi. /REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyediakan sejumlah insentif kepada pemilik kendaraan listrik. Salah satunya adalah bebas biaya penambahan daya listrik.

Bagi pemilik sepeda motor, PLN bakal memberikan diskon sebesar 75% ditambah keringanan tarif 30% jika melakukan pengisian daya pada malam hari. Diskon itu pun berlaku hingga akhir tahun ini.

General Manager PLN Disjaya Ikhsan Asaad mengatakan harga listrik per Kwh sekitar Rp1.640 per Kwh tetapi harga itu masih terus dibahas dengan stake holder terkait. Menurutnya, tujuan utama PLN ialah mendorong masyarakat untuk mulai menggunakan kendaraan listrik.

"Nantinya lebih murdah dari harga bensin minimal 30% hingga 40% kami bersinergi dengan BUMN lain juga," ujarnya, Rabu (4/9/2019).

Khusus untuk bus listrik, Ikhsan mengatakan pihaknya telah berdiskusi dengan PT Transportasi Jakarta (Trans Jakarta) untuk merumuskan harga listrik yang tepat bagi bus listrik. Menurutnya, bus listrik dapat memanfaatkan keringanan tarif dengan mengisi daya pada malam hari.

Insentif diberikan karena banyak pembangkit yang tidak optimal digunakan pada malam hari karena aktivitas industri yang terhenti. Dengan daya jelajah bus listrik hingga 400 km, katanya, tidak masalah ketika beroperasi pada siang hari.

"Nanti kita lihat kalau pakai listrik cas malam murah, banyak power plant kami tidak terutilisasi baik. Kami harus turunkan power plant yang murah, mengisi daya malam hari kemudian dipakai siang hari," katanya.

PLN sendiri akan membangun lima fast charging station, satu ultra fast charging dan 10 charging station di Jakarta pada tahun ini.

"Nantinya akan diresminkan pada 27 Oktober 2019 bertepatan pada hari listrik," ujarnya.

Ikhsan menuturkan, perseroan telah berdiskusi dengan Pemprov DKI Jakarta terkait lokasi stasiun pengisian listrik umum tersebut. Lokasi yang dipilih harus strategis seperti di sekitar Monas dan Bundaran Hotel Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper