Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selis Siap Penuhi TKDN Motor Listrik

PT Juara Bike, produsen sepeda dan motor listrik Selis, optimistis dapat memenuhi aturan kandungan lokal yang ditentukan pemerintah.
Selis/Bisnis-Thomas Mola
Selis/Bisnis-Thomas Mola

Bisnis.com, JAKARTA – PT Juara Bike, produsen sepeda dan motor listrik Selis, optimistis dapat memenuhi aturan kandungan lokal yang ditentukan pemerintah. Sejauh ini tingkat kandungan lokal Selis beragam tergantung model. Adapun tertinggi pada level 43%.

Direktur PT Juara Bike (Selis) Wilson Teoh mengatakan, kehadiran aturan Peraturan Presiden No.55/2019 Tentang Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan, memberi kepastian bagi pelaku industri termasuk sepeda motor listrik. Selis akan mengikuti aturan terkait tingkat kandungan dalam negeri [TKDN].

"Kandungan lokal beragam tergantung modelnya. Yang paling tinggi saat ini sekitar 43% atau sudah melebihi yang ditentukan pemerintah," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (21/8/2019).

Seperti diketahui dalam Perpres 55/2019 diatur terkait TKDN untuk kendaraan listrik baik roda dua dan tiga hingga roda empat. Untuk roda dua, TKDN minimal 40% pada 2019 hingga 2023. Aturan mewajibkan TKDN terus meningkat hingga 80% pada 2026.

Wilson menegaskan, Selis akan berupaya untuk memenuhi regulasi khususnya TKDN. Tingginya konten lokal, katanya, akan membantu membuat harga jual sepeda motor listrik menjadi lebih kompetitif.

"Karena TKDN itu faktor penting untuk membuat harga kompetitif," ujarnya.

Wilson  menjelaskan, saat ini Selis telah memiliki pabrik di Cikupa, Tangerang, Banten. Pabrik itu berdiri di atas lahan seluas 3 ha lebih. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 20.000 unit per bulan.

Utilisasi produksi pabrik itu baru seperempat atau sekitar 5.000 unit per bulan. Utilisasi pabrik itu, katanya, akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan pasar sepeda motor listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper