Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Kendaraan Januari-Juli 2019 Melorot 13 Persen

Realisasi penjualan pada Januari-Juli 2019 tercatat sebanyak 570.331 unit, turun 13,75% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Ilustrasi./Bisnis-Nurul Hidayat
Ilustrasi./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Kinerja penjualan wholesales selama Januari-Juli 2019 masih melambat. Realisasi penjualan pada periode ini tercatat sebanyak 570.331 unit, turun 13,75% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diolah PT Astra Internasional Tbk., mencatat hampir semua merek mencatatkan perlambatan penjualan. Kontraksi pasar ini melanjutkan perlambatan yang terjadi sejak awal 2019.

Kendati demikian, agen pemegang merek (APM) sudah berupaya mengerek penjualan. Hampir semua merek merilis produk baru ataupun melakukan penyegaran produk.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan APM pada umumnya masih optimistis guna mengejar target penjualan. Menurutnya, peran serta semua pihak seperti pengesahan regulasi kendaraan listrik menjadi salah satu pemicu untuk kembali menaikkan gairah pasar dan semakin memperkuat produksi industri otomotif di Tanah Air.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, penjualan Honda pada Juli mencatatkan pertumbuhan yang sangat baik dibandingkan Juni. Pada semester II/2019, Honda menargetkan pertumbuhan penjualan pada kisaran 9% hingga 10% dibandingkan paruh pertama 2019.

"Target kami naik dibandingkan semester I/2019 sekitar 9% hingga 10%. Faktornya tadi Brio bagus, kemudian Juli kemarin bagus juga," ujarnya kepada Bisnis belum lama ini.

Honda mencatat, penjualan pada Juli sebanyak 13.894 unit pada Juli 2019 atau meningkat hingga 84% dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 7.563 unit. Model yang menyumbang penjualan terbesar Honda ialah  Honda Brio Satya, Honda Brio RS dan Honda HR-V 1.5L.

Jusak menyebutkan, Brio series yang terdiri atas Honda Brio, Mobilio dan BR-V tetap akan menjadi tulang punggung penjualan. Kontribusi Brio khususnya terhadap total penjualan Honda sejauh ini naik ke 40% dari 35% pada akhir tahun 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper