Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEK FAKTA: Esemka Hanya Ganti Emblem Mobil China?

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddi Wirajaya menepis rumor yang selama ini berkembang, yakni mobil Esemka hanya mengganti emblem dari mobil China.
Mobil Esemka/Antara
Mobil Esemka/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddi Wirajaya menepis rumor yang selama ini berkembang, yakni mobil Esemka hanya mengganti emblem dari mobil China.

Rumor itu merebak setelah mobil Esemka dengan emblem Rajawali tertangkap kamera saat sedang diuji tanpa stiker kamuflase. Mobil itu diduga merupakan mobil China dengan merek Foday.

"Bukan. Esemka bukan mobil Cina," kata Eddy di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Eddy tak menampik bawah sebagian besar komponen, terutama jeroan mesin, masih diimpor dari Cina. Tapi bukan dalam bentuk utuh (completely built up/CBU) lalu ganti logo.

Komponen itu, lanjut dia, diimpor terurai kemudian dirakit di pabrik Esemka yang terletak di Boyolali, Jawa Tengah.

Saat ini, Eddy menjelaskan, Esemka telah menggandeng mitra lokal sebagai pemasok komponen. Beberapa di antaranya adalah chassis dan bak yang diproduksi oleh PT INKA.

Lalu, ada blok mesin dan blok transmisi (PT Cikarang Persada Manufacturing), dashboard dan setir (PT Usra Tampi), Radiator (PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna), Kaca Depan (PT Armada Indah Agung Glass), Ban (PT Gajah Tunggal), Bak/Kargo (ACC Bawen Karoseri dan PT INKA), Pelumas (Pertamina). 

Oil filter dan Fuel Filter dibuat oleh PT Selamat Sempurna, Accu (PT Nippress Energi Otomotif), Air Filter (PT Duta Nichindo Pratama), Knalpot (Catur Karya Manunggal), Jok (Bawen Karoseri), Starter Assy (Fuller Autoparts Indonesia), Per Daun (Indospring), Shock Breaker (Samudra Luas Paramacitra), dan masih banyak lagi. 

Eddy mengakui saat ini Esemka masih kesulitan menjalin dengan industri komponen berskala besar sebagai pemasok komponen untuk produksi mobil Esemka. Namun, ia akan berusaha untuk menambah jumlah jumlah pemasok lokal di kemudian hari.

Esemka untuk pertama kalinya tampil di hadapan publik dengan mengikuti pameran industri komponen di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 13-14 Agustus 2019. Di acara ini, Esemka juga menandatangani Letter of Intent (LOI) bersama industri komponen.

Melalui penandatanganan LOI ini Eddy berharap Esemka akan semakin mudah dalam menjalin komunikasi dengan pemasok komponen lokal di bidang otomotif.

Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Harjanto, berharap dari LOI itu suatu saat nanti menjadi Letter of Agrement. 

Indonesia, kata Harjanto, saat ini memiliki lebih dari 1.500 perusahaan komponen otomotif. Sebagian besar merupakan tier 1.

“Kami yakin mereka bisa menyuplai komponen untuk mobil Esemka,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper