Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garansi Panjang Bikin Harga Jual Mobil China Terjaga

Produsen otomotif asal China, DFSK, berani menawarkan layanan garansi hingga tujuh tahun atau 150.000 kilometer untuk produknya.
DFSK Glory 580. /Bisnis.com
DFSK Glory 580. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen otomotif asal China, DFSK, berani menawarkan layanan garansi hingga tujuh tahun atau 150.000 kilometer untuk produknya.

Strategi pemasaran ini diharapkan akan menjaga harga jual kembali produk-produknya sehingga konsumen tidak ragu untuk membeli.

Senior Manager Marketing WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih menilai pemberian layanan garansi di atas lima tahun dari produsen mobil China memang ditujukan untuk menjaga agar harga jual produknya tidak jatuh.

"Kalau garansinya masih ada kan harganya cenderung tidak turun jauh. Jadi konsumen yang mau beli juga masih diuntungkan karena masih ada garansi," ujarnya kepada Bisnis, Senin (5/8/2019).

Herjanto optimistis pasar mobil bekas di paruh kedua tahun ini akan semakin berkembang mengingat semakin banyaknya produk baru yang dirilis di pasar Indonesia. Artinya, ada kemungkinan banyak konsumen yang akan menjual kendaraan lamanya dan berganti ke kendaraan model terbaru.

Selain DFSK, merek lain asal China yakni Wuling juga memberikan layanan purnajual yang lebih optimal kepada para pelanggannya. Kendati bukan panjangnya masa garansi seperti DFSK, Wuling menjamin konsumen tidak akan dipungut biaya bila pengerjaan servis tidak selesai dalam tiga hari.

Taufik S. Arief, Aftersales & Services Director Wuling mengatakan jaminan servis gratis bila tidak selesai dalam tiga hari hanya meliputi suku cadang dan jasa untuk layanan servis untuk semua model Wuling. Namun, jaminan tersebut tidak berlaku untuk perbaikan mesin, transmisi, dan bodi.

"Kalau turun mesin jelas sulit untuk deselesaikan dalam waktu tiga hari, jadi itu tidak termasuk di dalamnya," ujarnya beberapa waktu lalu.

Saat ini, Wuling menawarkan garansi umum selama tiga tahun atau 100 ribu kilometer dan garansi komponen utama, yaitu mesin dan transmisi, selama lima tahun atau 100 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper