Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Otomotif ke Vietnam Diproyeksikan Capai US$1 Miliar

Di Vietnam muncul banyak orang kaya baru sehingga menciptakan permintaan termasuk ke sektor otomotif.
ilustrasi/Bisnis.com
ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sektor otomotif dan komponen menjadi salah satu produk andalan ekspor Indonesia ke Vietnam. Nilai ekspor otomotif dan komponen ditargetkan menyentuh US$1 miliar pada akhir tahun ini.

Duta Besar Indonesia Untuk Vietnam Ibnu Hadi mengatakan, total nilai perdagangan antara kedua negara sebanyak US$4,26 miliar pada semester I/2019. Indonesia masih mengalami surplus sebesar US$1,04 miliar terhadap Vietnam.

"Produk andalan ekspor Indonesia ke Vietnam adalah batu bara dan otomotif. Total ekspor Indonesia ke Vietnam pada semester I/2019 naik 27,37% di mana otomotif mencatatkan kenaikan tertinggi," ujarnya melalui video conference, Kamis (1/8/2019).

Ibnu menjelaskan, kedua kepala negara telah menyepakati nilai perdagangan Indonesia-Vietnam sebesar US$10 miliar pada 2020. Dengan kinerja perdangangan semester I/2019 senilai US$4,26 miliar, KBRI optimis nilai perdangangan kedua negara menyentuh angka US$9,5 miliar pada akhir tahun ini.

"Target US$10 miliar di depan mata, target yang dicanangkan kedua kepala negara US$10 miliar pada 2020. Perkembangan Vietnam sangat pesat dan kita di posisi yang menguntungkan," katanya.

Ibnu menuturkan, nilai ekspor otomotif dan turunannya ke Vietnam sejumlah US$400 juta karena meningkatnya permintaan lantaran pertumbuhan ekonomi Vietnam yang tinggi. Dia optimistis ekspor otomotif Indonesia bisa menyentuh angka US$1 miliar pada akhir tahun ini.

Saat ini, di Negeri Paman Ho, katanya, muncul banyak orang kaya baru sehingga menciptakan permintaan termasuk ke sektor otomotif. KBRI Hanoi, jelasnya, terus berupaya untuk meningkatkan ekspor ke Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper