Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Raih 6.128 SPK Sepanjang GIIAS 2019

Toyota membukukan 6.128 unit surat pemesanan kendaraan (SPK) pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.
Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kiri)  bersama Presiden Direktur Yoshihiro Nakata memperkenalkan mobil Toyota GR Supra pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kiri) bersama Presiden Direktur Yoshihiro Nakata memperkenalkan mobil Toyota GR Supra pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota membukukan 6.128 unit surat pemesanan kendaraan (SPK) pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Jumlah itu naik 1,76% ketimbang raihan pada pameran yang sama 2018 yang sebanyak 6.022 unit.

Model terlaris Toyota masih menjadi milik New Avanza yang terjual sebanyak 1.310 unit sekaligus menjadi model dengan pertumbuhan penjualan tertinggi. Pada GIIAS 2018, Avanza terjual sebanyak 1.105 unit.

Posisi kedua ditempati oleh Innova yang meraih 1091 SPK, disusul Rush 1.046 unit, Calya sebanyak 1022 unit, dan Fortuner 618 unit. 

Executive General manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, Toyota tidak memiliki target khusus untuk penjualan pada GIIAS. Alasannya, penjualan kendaraan juga terjadi di luar pameran otomotif.

"Jumlah SPK selama 11 hari dari 18 Juli hingga 28 Juli untuk Toyota sebanyak 6.128 unit," tulisnya dalam pesan singkat, Senin (29/7/2019).

Adapun, GIIAS diharapkan oleh pelaku otomotif sebagai pendorong penjualan pada awal semester II/2019. Penjualan otomotif pada paruh pertama tahun ini masih tertekan pada kisaran 13% lantaran adanya pesta demokrasi.

Soerjo menuturkan, GIIAS 2019 bertepatan dengan momen selesainya pesta demokrasi dan mulai membaiknya hubungan China dan Amerika Serikat. Sentimen positif itu diharapkan menjadi refleksi pertumbuhan penjualan otomotif nasional ke depan.

Dia menjelaskan, model Avanza dan Innova masih menjadi yang terlaris sekaligus membuktikkan pasar Indonesia didominasi oleh kendaraan multi purpose vehicle (MPV) 7 penumpang.

"Mudah-mudahan pencapaian ini bisa menjadi cermin pertumbuhan positif pasar Indonesia ke depan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper