Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Hal Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin memiliki kendaraan dengan bujet terbatas. Sayangnya, membeli mobil bekas butuh ketelitian ekstra jika tidak ingin bermasalah pada kemudian hari.
ilustrasi. /Bisnis.com-Felix Jody Kinarwan
ilustrasi. /Bisnis.com-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Membeli mobil bekas menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin memiliki kendaraan dengan bujet terbatas. Sayangnya, membeli mobil bekas butuh ketelitian ekstra jika tidak ingin bermasalah pada kemudian hari.

Mobil bekas yang kelihatan mulus bagian luar, belum tentu nyaman saat dibawah pulang. Berikut 5 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas yang aman dan nyaman menurut Mobil88.

  1. Lakukan Uji Coba.

Jika ingin membeli mobil bekas, hal pertama yang wajib dilakukan ialah melakukan uji coba. Rasakan kendaraan yang hendak dibeli apakah starter mesin bermasalah, atau adakah bunyi-bunyi aneh pada mesin, kelistrikan, dan lainnya.

Uji coba sangat penting untuk menghindari permasalahan dikemudian hari yang berujung pada membengkaknya biaya perawatan. Pasalnya, biaya servis kendaraan umumnya terus naik.

  1. Jangan Mudah Tergiur Harga

Harga murah memang bikin kita terpikat, apalagi jika mobil tersebut terkenal mahal di pasaran. Namun, di balik harga yang murah, biasanya tersimpan masalah.

Beberapa masalah yang umumnya terjadi ialah mobil tersebut bekas tabrakan atau bekas terendam banjir. Mobil yang pernah terendam banjir umumnya sangat rentan terhadap masalah kelistrikan walaupun sudah diperbaiki.

  1. Memastikan Surat Kendaraan

Memiliki mobil bagus tetapi pajak mati akan merepotkan dalam pengurusannya. Bahkan lebih repot lagi kalau ternyata tidak ada suratnya, atau malah mungkin ada tetapi ternyata palsu.

Sangat penting memilih kendaraan yang memiliki surat resmi dan asli. Hindari membeli mobil hasil curian atau lainnya yang ternyata tidak memiliki dokumen asli.

  1. Memastikan Melalui Internet

Kehadiran Internet membuat kita lebih mudah untuk memilih mobil. Foto dan gambar mobil lengkap dengan keterangan juga lebih mudah diakses.

Memastikan mobil bekas di Internet bertujuan mendapatkan informasi terbaik terkait ketersediaan unit mobil yang dijual. Alih-alih mendapatkan mobil, jangan sampai mobil yang diincar telah terjual sehingga kita membuang waktu.

Beberapa kejadian,data-data spesifikasi mobil bekasnya ternyata tidak sama. Untuk memilih mobil bekas melalui Internet, penting untuk memilih melalui situs terpercaya atau yang berlokasi dekat rumah.

  1. Memastikan Ada Jaminan atau Garansi

Belilah mobil seken yang sudah punya jaminan. Dalam hal ini, jaminan tersebut sama artinya bahwa mobil ini akan baik-baik saja saat dicoba dan ketika digunakan nantinya.

Jaminan itu bisa berupa buyback guarantee seperti yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan penjual mobil bekas. Jaminan lainnya ialah berupa kelengkapan dan keaslian dokumen sehingga tidak terjerat masalah hukum.

Selain itu, jaminan mobil bekas tersebut bukan bekas tabrakan yang bisa mengubah struktur rangka yang dapat membuat mobil tidak stabil.

Mobil juga dijamin bukan bekas terendam banjir yang bisa memicu karat, kerusakan elektronik dan mesin, serta bau tak sedap. Nomor rangka dan mesin juga harus sesuai BPKB & STNK. Selain itu, perhatikan adanya jaminan odometer asli sehingga tidak tertipu usia mobil atau tertipu harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper