Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Bagian Kendaraan yang Wajib Diperiksa sebelum Mudik

Perjalanan mudik merupakan momen yang harus dipersiapkan secara matang. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat, salah satu persiapan penting adalah melakukan pengecekan menyeluruh pada mobil.
Isuzu menyiapkan 17 Bengkel Siaga untuk program Sambut Lebaran Bersama Isuzu. /Astra
Isuzu menyiapkan 17 Bengkel Siaga untuk program Sambut Lebaran Bersama Isuzu. /Astra

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan mudik merupakan momen yang harus dipersiapkan secara matang. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat, salah satu persiapan penting adalah melakukan pengecekan menyeluruh pada mobil.

Imam Lazuardi, Regional Service Head DKI Jakarta Astra Isuzu mengatakan terdapat sejumlah bagian mobil yang perlu mendapat pemeriksaan sebelum memulai perjalanan jauh. Upaya ini untuk menghindarkan masalah saat di tengah perjalanan.

Service dan Ganti Oli

Tahapan ini merupakan yang paling awal. Periksa kualitas dan kuantitas oli mesin, oli power steering, oli kopling dan minyak rem. Bagian ini cukup penting dan mendasar untuk menghindari masalah pada mobil sat di jalan.

Cek Kaki-kaki

Kaki-kaki roda dapat diperiksa dengan cermat. Jika terdapat bunyi-bunyi tidak normal, segera diperbaiki. perbaikan tersebut mesti dilakukan agar tidak memperngaruhi komponen-komponen lainnya di sekitar kaki-kaki mobil. Tahapan ini diutamakan bagi pemudik yang akan melintasi banyak jalanan rusak.

Saringan Udara Mobil

Jika pemudik banyak melintasi jalanan berdebu, lakukan pembersihan pada komponen saringan udara. Lihat pula kualitas saringan udara. Jika sudah rusak, maka sebaiknya diganti dengan yang baru

Kopling dan Kampas Rem

Perjalanan mudik yang macet ditambah medan menanjak dan menurun membuat penggunaan kopling dan rem menjadi lebih besar. Untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan, pastikan pula kondisi kampas kopling dan kampas rem dalam kondisi prima.

Eksterior dan Interior

Eksterior dan interior mobil akan menunjang kenyamanan selama berkendara. Perawatan mobil diperlukan seperti mencuci dan membersihkan debu-debu pada bagian mobil. Terlebih pada bagian kaca depan dan belakang. Kondisi kaca berdebu akan mengganggu pandangan ke depan maupun melihat ke belakang.

Sentuhan pewangi di dalam mobil setidaknya memberi suasana berbeda selama di dalam mobil.

Tekanan Angin Ban

Pengemudi sebaiknya menambah tekanan ban sebelum memulai perjalanan. Selain itu, periksa pula kondisi ban. Pastikan tidak ada cacat fisik ban seperti paku yang menempel.

Cairan

Beberapa cairan di dalam mobil dapat diperiksa satu per satu. Cairan air radiator, aki dan washer. Jika berkurang, pengemudi dapat menambahkan sesuai dengan batas yang dianjurkan pabrikan.

Tim Jelajah Jawa Bali 2019: Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper