Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Forum LLAJ Singkawang Lakukan Ramcek Kendaraan

Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Kota Singkawang, Kalimantan Barat, melakukan pemeriksaan kendaraan (ramcek) untuk mengecek kelaikan kendaraan angkutan umum menjelang hari raya Idulfitri 1440 Hijriah.
Pemeriksaan kelengkapan surat. /ANTARA
Pemeriksaan kelengkapan surat. /ANTARA

Bisnis.com, PONTIANAK - Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Kota Singkawang, Kalimantan Barat, melakukan pemeriksaan kendaraan (ramcek) untuk mengecek kelaikan kendaraan angkutan umum menjelang hari raya Idulfitri 1440 Hijriah.

Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Mokhlis mengatakan bahwa kegiatan ramcek merupakan kerjasama dari Dishub, Satlantas, Jasa Raharja dan BNNK Singkawang.

"Pemeriksaan kendaraan dipusatkan di dua lokasi, yakni Terminal Bengkayang Kompleks Pasar Beringin dan Pasiran," katanya saat dihubungi di Pontianak, Rabu (29/5/2019).

Pemeriksaan kendaraan yang dilakukan dalam satu hari ini (Selasa, 28/5) dapat berjalan dengan lancar. "Untuk masalah administrasi kendaraan silahkan tanya ke bagian Satlantas Polres Singkawang," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri mengatakan, pada H-7 Lebaran Idulfitri sudah terjadi peningkatan arus kendaraan muatan dan sebagainya di Kota Singkawang.

"Jadi kita bersama-sama melakukan pengecekan khususnya untuk angkutan umum, guna mencegah atau meminimalisir jangan sampai terjadi kecelakaan lalu lintas yang dapat menimbulkan korban," katanya.

Kegiatan ini juga akan Forum LLAJ sinergikan dengan kegiatan lainnya seperti lokasi-lokasi yang rawan macet dan kesemerautan yang ada di beberapa titik di Kota Singkawang.

"Ada pelaku usaha tidak menyiapkan lahan parkir, sehingga masyarakat yang ingin berbelanja yang menggunakan kendaraan bermotor terpaksa parkir di bahu jalan sehingga terjadi kesemerautan. Apabila nanti masih terjadi kesemerautan dan kemacetan apalagi sampai terjadi laka lantas maka dengan sangat terpaksa akan kita berikan penegakan hukum," ujarnya.

Dalam kegiatan ramcek, katanya, ada sebanyak 30 kendaraan roda empat dan enam dengan jurusan Singkawang-Sambas, Singkawang-Sungai Duri dan Pontianak-Sambas yang melintas di Kota Singkawang dilakukan pemeriksaan.

"Dari angka itu didapati dua kendaraan yang tidak laik jalan karena lampu sen putus dan ban gundul (botak), sehingga kita rekomendasikan kepada sopir untuk segera diperbaiki. Apabila dibiarkan dengan kondisi tersebut tentu akan membahayakan si sopir maupun penumpang yang dibawa," katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, pihaknya juga memberikan stiker kepada sopir angkutan umum. "Dalam stiker itu ada pesan-pesan yang dapat mengingatkan para sopir maupun penumpang, yang salah satunya sebelum melaksanakan perjalanan jangan lupa berdoa untuk keselamatan," ujarnya.

Sementara Unit Operasional PT Jasa Raharja Kota Singkawang, Agung Wiraputra mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya bersinergi dengan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Singkawang untuk melakukan pengecekan asuransi angkutan penumpang. "Dari hasil pengecekan di dua Terminal setiap kendaraan sudah melunasi asuransinya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper