Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volkswagen Masuki Fase Baru Elektrifikasi Kendaraan Besar-besaran

Volkswagen, merek mobil asal Jerman, memasuki fase baru elektrifikasi kendaraannya secara besar-besaran ditandai dengan diperkenalkannya sistem penggerak 48-volt.
Volkswagen mHEV chassis. /foto Volskwagen
Volkswagen mHEV chassis. /foto Volskwagen

Bisnis.com, VIENNA - Volkswagen, merek mobil asal Jerman, memasuki fase baru elektrifikasi kendaraannya secara besar-besaran ditandai dengan diperkenalkannya sistem penggerak 48-volt.

Di Simposium Motor Wina Internasional ke-40, Volkswagen menunjukkan kemajuannya menuju mobilitas terintegrasi nir-CO2 : mengemudi otomatis level 3 dan 4, sistem penggerak 48 volt, dan platform yang dikembangkan khusus untuk kendaraan elektronik.

Sistem hibrida ringan (mHEV) memberikan kontribusi penting bagi mobilitas berkelanjutan.

Tergantung pada gaya mengemudi, dapat menghemat sekitar 0,4 liter bahan bakar lebih dari 100 kilometer dan mengurangi emisi karbon dalam proses. Di ajang ini, Volkswagen juga memberikan wawasan mendalam pertama tentang MEB (modular electric drive matrix) -nya, dasar untuk mengemudi otomatis.

“Kami ingin menawarkan kepada setiap pelanggan standar mobilitas yang mereka harapkan. Dan kami ingin menawarkan jenis mobilitas yang dibutuhkan di setiap pasar. Inilah sebabnya kami membangun strategi drivetrain di sekitar perpaduan teknologi yang luas,” jelas Dr Frank Welsch, anggota Brand Board of Management, yang akan memberikan pidato pembukaan di istana Hofburg di Wina, Rabu (15/5/2019).

Portofolio drive Volkswagen berkisar dari varian semi-elektrifikasi seperti mHEV hingga kendaraan sepenuhnya listrik berdasarkan pengembangan baru, platform listrik MEB.

Volkswagen akan memasuki fase selanjutnya dari hibridisasi drive-nya dengan drive hibrid ringan 48-volt (mHEV) baru yang dikombinasikan dengan mesin bensin 1,5-liter TSI evo. Dalam hal ini akan terlihat sistem 48 volt bergabung dengan sistem kelistrikan kendaraan 12 volt konvensional.

Tegangan 48 volt memberi daya pada generator starter terintegrasi (BSG), yang terletak di tempat alternator di drive bantu. Ini mengontrol dua status operasi pusat: pemulihan dan peningkatan.

Selama pemulihan (pemulihan energi rem), BSG bertindak sebagai alternator yang mampu menyerap sebagian energi kinetik kendaraan. Energi yang dipulihkan disimpan sebagai energi listrik dalam baterai lithium-ion 48 volt terpisah yang terletak di bawah kursi penumpang depan. Energi ini dilepaskan selama dorongan listrik untuk menyalakan BSG dan mendukung TSI. Fungsi cerdas lainnya di BSG membantu mesin TSI selama proses startup, mengambil peran sebagai starter pinion. Ini membantu menghemat bahan bakar dan membuat proses start lebih mudah.

Sistem mHEV juga mencakup fungsi eco-coasting yang sekarang akrab. Mode ini memungkinkan kendaraan "meluncur" dengan mesin dimatikan sehingga tidak ada emisi yang dihasilkan, faktor penting dalam kemampuan penggerak untuk mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 0,4 liter per 100 km. Menghubungkan jaringan 48 volt dan sisa listrik kendaraan adalah konverter DC / DC, yang mengubah 48 volt menjadi 12.

Volkswagen percaya bahwa cara paling efisien untuk mengurangi emisi CO2 adalah dengan memperluas penggunaan baterai kendaraan listrik (BEV). MEB akan membentuk dasar untuk kendaraan listrik generasi berikutnya.

Fitur utama platform listrik adalah baterai bertegangan tinggi (dipasang di bagian bawah bodi mobil untuk menghemat ruang), penggerak listrik ringkas di gandar belakang (atau sebagai alternatif di gandar depan), dan sistem CCS standar untuk pengisian cepat.

Ini juga membentuk dasar dari arsitektur baru end-to-end all-electric “E³” architecture "E³" bersama dengan sistem operasi "vw.OS", yang dapat digunakan untuk membangun layanan mobilitas baru dan sistem bantuan.

Dengan kata lain, Volkswagen berevolusi dari murni produsen kendaraan menjadi penyedia mobilitas dan pada saat yang sama juga menciptakan kondisi yang diperlukan untuk mengemudi otomatis.

Sebuah contoh yang baik tentang seberapa banyak pengembangan yang telah dilakukan Volkswagen dalam industrialisasi besar penggerak listrik berskala besar adalah penggerak utama MEB di gandar belakang.

“Platform ini menggunakan motor sinkron magnet permanen, yang ditandai dengan kepadatan daya tinggi, tingkat efisiensi tinggi dan kinerja yang konsisten di kisaran kecepatan luas 16.000 rpm,” jelas Karsten Bennwitz, Kepala Pengembangan untuk Hibrida dan Drive Listrik.

Kendaraan pertama yang dibangun di platform MEB adalah ID.31). Dengan rentang 330 hingga lebih dari 550 km (WLTP), output 150 kW dan kecepatan tertinggi 160 km / jam, ID.3 dapat mencapai mengemudi lokal yang bebas emisi.

Volkswagen mulai mengembangkan fungsi-fungsi bantu lebih dari 20 tahun yang lalu dan sekarang menawarkan berbagai macam sistem bantuan pengemudi untuk kontrol kendaraan longitudinal dan transversal di bawah merek payung IQ.DRIVE-nya.

Sistem ini adalah langkah pertama menuju mengemudi otomatis dan, pada akhirnya, mengemudi tanpa pengemudi. Di masa depan, kendaraan otonom akan aktif di jalan dan di berbagai domain, termasuk jalan raya dan tempat parkir bertingkat. Kendaraan secara bertahap akan mengambil alih lebih banyak tugas dari pengemudi.

Lompatan dari level 2 saat ini (mengemudi dengan bantuan sebagian) ke level 3 dan 4 akan menghadirkan tantangan khusus dalam hal teknologi, legislasi, dan etika. Tantangan-tantangan ini berasal dari kenyataan bahwa level-level ini mewakili pertama kalinya tanggung jawab untuk mengemudi akan ditransfer dari pengemudi ke fungsi-fungsi mengemudi otomatis (setidaknya secara temporer).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper