Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volvo Gandeng LG Chem, CATL Asia untuk Pasokan Baterai Jangka Panjang

Pembuat mobil Swedia Volvo mengatakan pada Rabu (15/5/2019) bahwa pihaknya telah menandatangani kesepakatan pasokan baterai jangka panjang dengan LG Chem Asia dan Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL).
Jajaran mobil Volvo Cars Plug-In Hybrid : XC90, XC60, XC40, V90, S90. /VOLVO CARS
Jajaran mobil Volvo Cars Plug-In Hybrid : XC90, XC60, XC40, V90, S90. /VOLVO CARS

Bisnis.com, SEOUL - Pembuat mobil Swedia Volvo mengatakan pada Rabu (15/5/2019) bahwa pihaknya telah menandatangani kesepakatan pasokan baterai jangka panjang dengan LG Chem Asia dan Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL), seiring dengan upaya pencapaian target penjualan separuh EV pada 2025.

Perjanjian tersebut mengikuti serangkaian pakta antara perusahaan baterai yang berbasis di Asia itu dan pembuat mobil global, yang merencanakan lonjakan US$ 300 miliar dalam pengeluaran untuk teknologi kendaraan listrik (EV) selama dekade ini.

Pengaturan pasokan baterai jangka panjang sangat penting bagi produsen mobil dan investor, karena membantu mengatasi kemacetan pasokan pada saat permintaan melonjak dan mempertahankan janji baterai murah dari waktu ke waktu.

Volvo Cars menginvestasikan sekitar 5% dari pendapatan tahunannya - sedikit lebih dari US$1 miliar per tahun - untuk mobil listrik dan tanpa pengemudi.

Perusahaan, yang dimiliki oleh Geely China, meluncurkan model EV di bawah tenda Volvo dan sub-merek kinerja mewah Polestar karena mengambil rekan global termasuk Volkswagen, Tesla, dan General Motors.

Volvo telah menyatakan rencananya untuk mendapatkan setengah penjualannya dari mobil sepenuhnya listrik pada 2025 dan mengharapkan margin pada mobil listrik untuk mencocokkan dengan kendaraan dengan mesin pembakaran pada saat itu.

"Masa depan Volvo Cars adalah listrik dan kami berkomitmen kuat untuk bergerak di luar mesin pembakaran internal," kata Presiden dan CEO Volvo Cars Hakan Samuelsson dalam sebuah pernyataan pada Rabu (15/5/2019).

Pembuat mobil Eropa biasanya mengambil baterai dari perusahaan di China, Korea Selatan, dan Jepang, yang mendominasi rantai pasokan baterai EV. Amerika Serikat baru-baru ini berupaya membatasi dominasi rantai suplai EV Cina, lapor Reuters.

Kesepakatan Volvo mendongkrak saham di LG Chem dan CATL lebih dari 3% pada Rabu. Perusahaan-perusahaan mengatakan kesepakatan baterai senilai miliaran dolar AS tetapi tidak mengungkapkan persyaratan keuangan rinci.

Volvo mengatakan jalur perakitan baterai pertamanya sedang dibangun di pabriknya di Ghent, Belgia, dan akan diselesaikan pada akhir tahun ini. Volvo juga sedang membangun varian plug-in hybrid XC40 di Ghent dan berencana untuk membuat XC40 sepenuhnya listrik di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper