Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW Turbo Power : Beda antara Mesin Lama dan Generasi Baru

BMW Turbo Power adalah kisah sukses di motorsport, dan telah berlangsung selama 50 tahun.
M121 menjadi mesin BMW Turbo pertama dalam balap motor, mesin P48 memenuhi regulasi Kelas 1 akan memulai debutnya di mobil sport BMW M4 DTM. /BMW
M121 menjadi mesin BMW Turbo pertama dalam balap motor, mesin P48 memenuhi regulasi Kelas 1 akan memulai debutnya di mobil sport BMW M4 DTM. /BMW

Bisnis.com, MUNICH - BMW Turbo Power adalah kisah sukses di motorsport, dan telah berlangsung selama 50 tahun. Pada 1969, BMW yang memenangkan Kejuaraan Mobil Tur Eropa dengan Dieter Quester (AUT) dan BMW 2002 TI, melakukan pekerjaan perintis dan mencatat sejarahnya. M121 menjadi mesin BMW Turbo pertama dalam balap motor.

Setelah banyak mesin BMW Turbo sejak itu, mesin BMW P48 yang memenuhi regulasi Kelas 1 akan memulai debutnya di mobil sport BMW M4 DTM di musim DTM di Hockenheim (GER) pada awal Mei. Waktu mungkin telah berubah, tetapi sifat luar biasa dari mesin tetap sama.

Meskipun berbeda 50 tahun, kedua mesin berkinerja tinggi ini memiliki sejumlah kesamaan: keduanya lurus, mesin empat silinder dengan kapasitas 2 liter dan pengisi turbo. Baik BMW M121 maupun P48 memiliki komponen mesin sensitif yang terlindung dari panas yang dipancarkan oleh pengisi daya turbo. Pompa injeksi mekanis memasok mesin dengan bahan bakar dalam kedua kasus.

Namun mesin terbaru memiliki dua kali lipat daya dengan konsumsi jauh lebih sedikit, dan umur pemakaian lebih lama.

Tekanan dengan mana udara pembakaran disuplai ke mesin, hampir tidak dapat dibandingkan lagi. Dengan tekanan 0,98 bar, mesin turbo balap generasi pertama mencapai kira-kira 280 hp pada 6.500 rpm. Kipas knalpot secara teoritis mampu mengembangkan tekanan dorongan 1,76 bar. Namun, tekanan dalam silinder akan sangat besar, sehingga kepala silinder akan terangkat. Saat ini, meningkatkan tekanan hingga 2,5 bar dimungkinkan dengan lebih dari 600 hp. Kotak engkol dan kepala silinder diproduksi dalam prosedur pengecoran pasir khusus di pengecoran BMW Landshut.

Sementara itu, komponen-komponen seperti distributor pengapian, kipas, bah basah dan katup penambah telah menghilang dari mesin. Tidak ada lagi pipa udara charge langsung, yang memasok mesin dengan udara terkompresi tanpa pendinginan. Sebagai gantinya, P48 memiliki sistem bah kering yang canggih. Oli yang dibutuhkan untuk keperluan pelumasan di dalam engine diekstraksi segera tanpa ada oli yang hilang karena cipratan. Bagian lain dari sistem ini adalah tangki oli, yang terhubung langsung ke mesin. Pendinginan udara charge yang efisien juga memungkinkan peningkatan kinerja dan efisiensi.

Unit bantu, seperti starter dan generator, tidak lagi berada di engine, tetapi dipasang pada gearbox transaxle di belakang engine. Plastik yang diperkuat serat karbon telah menggantikan konstruksi las-dan-cor aluminium tua di ruang pleno. Selanjutnya, kupu-kupu sekarang digerakkan secara elektrik dan tidak lagi oleh batang penghambat mekanis. Alih-alih harness pengapian terbuka, kabel listrik di P48 ditempatkan di baki kabel karbon pelindung.

P48 merupakan salah satu mesin balap BMW paling efisien sepanjang masa.

Salah satu aspek utama dari P48 adalah konsumsinya yang sangat baik. Karena peraturan membatasi aliran bahan bakar yang diizinkan, setiap penghematan bahan bakar berarti kinerja yang lebih baik dan diikuti secara rinci. Dibandingkan dengan pendahulunya yang juga sangat efisien, mesin saat ini telah dibuat hampir 10% lebih efisien. Ini sebenarnya lebih dari 50% lebih efisien daripada M121 tahun 1969. Hal ini dicapai dengan bantuan injeksi bahan bakar langsung tekanan tinggi, seperti yang ditemukan di mesin produksi BMW, serta persiapan campuran dan pembakaran - dicoba dan diuji dalam banyak simulasi dan tes - yang memungkinkan mesin beroperasi dalam apa yang disebut 'mode pembakaran ramping'.

Minimalisasi kerugian gesekan yang konsisten, seperti melalui sistem oli yang disebutkan di atas dan penggunaan komponen tahan suhu tinggi yang tidak memerlukan pendinginan oleh bahan bakar, menjadikan P48 salah satu mesin balap BMW paling efisien pada zaman sekarang ini.

Mesin BMW Turbo menjamin sportifitas maksimum.

Terlepas dari semua ini, turbo 1969 asli tidak perlu bersembunyi ketika datang ke kinerja. Karena para pengembang BMW 2002 TI tidak diizinkan untuk meningkatkan perpindahan, kinerja harus ditingkatkan di tempat lain. Mesin itu tidak lagi menyedot campurannya sendiri. Sebaliknya, itu diterbangkan ke mesin melalui pengisi daya turbo. Ini mengubah BMW 2002 TI menjadi mobil sport nyata, dengan kecepatan tertinggi 240 km / jam. Ini diikuti pada  1973 oleh mobil Jerman pertama yang diproduksi dalam produksi dengan charger turbo: BMW 2002 turbo.

Bab selanjutnya dalam kisah BMW Turbo di motorsport sekarang diatur untuk ditulis dalam DTM. Di atas segalanya, peraturan Kelas 1 menandai era teknis baru. Mesin V8 sebelumnya telah digantikan oleh mesin turbo empat silinder yang lebih kuat. Suara turbo baru luar biasa, kinerjanya tidak kalah mengesankan. Namun, properti mereka yang paling cemerlang adalah efisiensi. Dengan berat 85 kilogram, mesin pendek di unit daya turbo baru beratnya sedikit lebih dari setengahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper