Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal I/2019, Kinerja Keuangan Tesla Jeblok

Kendati kinerja keuangan kuartal I/2019 tak meyakinkan, Bos Tesla, Elon Musk, tetap optimistis perusahaannya bakal untung paling tidak pada kuartal III/2019.
Bos Tesla Elon Musk. /Bloomberg
Bos Tesla Elon Musk. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Kendati kinerja keuangan kuartal I/2019 tak meyakinkan, Bos Tesla, Elon Musk, tetap optimistis perusahaannya bakal untung paling tidak pada kuartal III/2019.

Dilansir Reuters, Kamis (25/4/2019), produsen mobil listrik yang berbasis di Amerika Serikat itu rugi US$700 juta pada kuartal I/2019. Musk sendiri menyatakan penambahan modal kemungkinan segera dilakukan.

Saat ini Tesla masih disibukkan dengan urusan logistik lantaran kesulitan memasok kendaraan untuk pasar global. Situasi itu masih dibumbui dengan isu negatif lain antara lain perumahan karyawan dan perang opini antara Musk dan ototitas keuangan Amerika Serikat.

Musk sendiri masih berjuang untuk meyakinkan investor khususnya terkait dengan produksi Tesla Model 3. Mobil jenis sedan ini digadang menjadi penyelamat Tesla karena permintaan yang tinggi. Musk optimistis Model 3 dapat didistribusikan tepat waktu.

Sementara itu, pabrik Tesla yang baru dibangun di Shanghai China kemungkinan tidak akan dapat memproduksi kendaraan sesuai target awal yakni 3.000 unit Model 3 per pekan mulai akhir tahun ini. Musk sendiri mengatakan kapasitas produksi pabrik itu kemungkinan hanya 1.000 atau 2.000 unit per pekan.

Hingga akhir kuartal I/2019 Tesla memiliki kas US$2,2 miliar setelah membayar kewajiban convertible bond sebesar US$920 juta pada Maret 2019.

Sejumlah analis memprediksi Tesla perlu menggalang dana lagi untuk mendukung rencana ekspansi termasuk pembangunan pabrik di Shanghai, serta menyokong produksi mobil SUV baru Model Y.

Tesla sendiri yakin target pengiriman kendaraan sebanyak 360.000 unit hingga 400.000 unit tahun ini dapat tercapai. Produksi mobil listrik di pabrik yang berlokasi di China juga diharapkan mencapai 500.000 unit jika sudah beropasi optimal pada kuartal IV/2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper