Era Kendaraan Listrik Perlu Didukung Energi Terbarukan

Energi terbarukan harus terus dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan listrik sektor transportasi di masa mendatang.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 April 2019  |  09:50 WIB
Era Kendaraan Listrik Perlu Didukung Energi Terbarukan
Nissan Motor Parts Center (NMPC) di Amsterdam beratap 9.000 panel surya. - NISSAN

Bisnis.com, JAKARTA – Energi terbarukan harus terus dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan listrik sektor transportasi di masa mendatang.

Pasalnya, elektrifikasi kendaraan dengan sumber pembangkit listrik yang memanfaatkan batu bara, dinilai masih menyumbang emisi karbon.

Pendiri Centre for Energy and Innovation Technology Studies (Cenits) Soni Fahruri mengatakan bahwa saat ini merupakan masa transisi penggunaan bahan bakar minyak ke energi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

”Kami ingin sebagai sumber energi dari kendaraan listrik berbasis energi terbarukan,” ujarnya dalam diskusi bertema Mencari Solusi Energi Sektor Transportasi di Era Revolusi Industri 4.0, Selasa (23/4/2029).

Menurutnya, kendaraan listrik diyakini sebagai kendaraan masa depan. Konsekuensinya, kebutuhan listrik akan sangat besar.

Dia mengatakan proyek listrik 35.000 Megawatt (MW) yang dicanangkan pemerintah memang bisa menjadi salah satu solusi terhadap listrik sebagai sumber tenaga kendaraan mobil pribadi maupun transportasi massal.

Sayangnya, kebanyakan pembangkit listrik masih penggunaan batu bara yang menyumbangkan kenaikan emisi karbon.

Soni menilai kebutuhan listrik bisa dipenuhi saalah satunya melalui Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang bersumber dari solar PV atau panel surya. Komponen terbesar dalam investasi solar PV adalaah ketersediaan lahan, tetapi hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan lahan kosong sepanjang jalan tol, atap gedung, maupun rumah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup