Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Janjikan Mobil Tanpa Setir dan Pedal

Bos Tesla Inc. Elon Musk mengatakan, mobil otonom Tesla akan tersedia di Amerika Serikat pada tahun depan.
Elon Musk/Reuters
Elon Musk/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bos Tesla Inc. Elon Musk mengatakan, mobil otonom Tesla akan tersedia di pasar otomotif Amerika Serikat pada tahun depan.

“Mungkin 2 tahun dari sekarang kami akan membuat mobil tanpa setir dan pedal,” ujarnya dalam sebuah presentasi seperti dilansir Reuters, Selasa (23/4/2019).

Realisasi janji Musk itu bakal disokong teknologi chip anyar sebagai otak mobil otonom. Chip tersebut dibuat oleh Samsung Electronics Co Ltd di Texas, AS. Musk optimistis, investasi besar untuk mengembangkan teknologi chip itu bakal terbayar dengan keunggulan Tesla atas para pesainganya.

Presentasi Musk itu dilakukan hanya 2 hari sebelum publikasi neraca keuangan Tesla yang diperkirakan bakal mencatatkan kerugian karena seretnya penjualan sedan Model 3 yang selama ini menjadi andalan perusahaan asal Amerika Serikat itu.

Adapun mobil otonom menjadi tren yang terus berkembang di industri otomotif. Sejumlah produsen otomotif, startup, bahkan raksasa teknologi Alphabet Inc, turut meramaikan pengembangan teknologi mobil otonom.

Kendati demikian sejumlah kalangan menilai mobil otonom yang siap pakai harus melalui pengembangan beberapa tahun lagi. Namun, Musk justru memprediksi pada tahun depan akan ada setidaknya 1 juta mobil otonom.

Tesla sendiri telah mengembangkan mobil otonom sejak 2016. Saat itu Musk menargetkan mobil otonom bakal mengaspal pada 2018, yang ternyata target tersebut meleset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper