Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Kuartal I Seret, Gaikindo Tak Khawatir

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masih optimistis target penjualan kendaraan sebanyak 1,1 juta unit pada tahun ini dapat tercapai.
ilustrasi/TMMIN
ilustrasi/TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masih optimistis target penjualan kendaraan sebanyak 1,1 juta unit pada tahun ini dapat tercapai.

Pada kuartal I/2019 penjualan kendaraan wholesales mencapai 253.863 unit dan retail 259.291 unit. Realisasi tersebut turun 13,1% secara wholesales dan 10,8% retail dari periode yang sama tahun lalu.

Kendati demikian, Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto menilai kendati menurun, tetapi capaian penjualan secara keseluruhan di kuartal I/2019 masih sesuai jalur menuju target penjualan tahunan sebanyak 1,1 juta unit.

"Sejauh ini masih sesuai dengan harapan. Kami optimistis target penjualan selama satu tahun yakni sekitar 1,1 juta akan tercapai," ujarnya kepada Bisnis, Senin (15/4/2019).

Data Gaikindo menunjukkan Toyota menjadi pemimpin pasar dengan menguasai pangsa 30,4% wholesales dan 29,3% retail. Daihatsu membuntuti di posisi ke-2 dengan menguasai 20,0% wholesales dan 18,3% retail.

Mitsubishi Motors berada di posisi ke-3 dengan 14,0% pasar wholesales. Namun, secara retail pabrikan dengan logo berlian ini berada di bawah Honda atau berada di posisi ke-4.

Suzuki masih menjadi penghuni tetap lima besar produsen otomotif Indonesia dengan penjualan 22.869 unit wholesales dan 23.567 unit retail.

4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Setiawan Surya mengatakan penjualan selama periode Januari-Maret sedikit menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama 2018.

"Memang agak kendor 3 bulan ini. Mudah-mudahan April membaik. Kami sudah rilis Ertiga Suzuki Sport dan responnya oke," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper