Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hat-Trick, Kia Ceed Gondol Tiga Red Dot Awards 2019

Kia kembali berjaya di Red Dot Awards, meraih tiga penghargaan bergengsi untuk desain. Menyusul peluncuran Kia Ceed generasi ketiga, yang sekarang dijual di seluruh Eropa, ketiga gaya bodi baru dalam jajarannya masing-masing telah menerima Red Dot Award.
Baik ProCeed dan Ceed tersedia sebagai model 'GT' berdaya tinggi, ditenagai oleh 150 kW (204 ps) mesin 1,6 liter T-GDi (injeksi langsung bensin turbocharged) direct-injection.. /Kia
Baik ProCeed dan Ceed tersedia sebagai model 'GT' berdaya tinggi, ditenagai oleh 150 kW (204 ps) mesin 1,6 liter T-GDi (injeksi langsung bensin turbocharged) direct-injection.. /Kia

Bisnis.com, JAKARTA - Kia kembali berjaya di Red Dot Awards, meraih tiga penghargaan bergengsi untuk desain. Menyusul peluncuran Kia Ceed generasi ketiga, yang sekarang dijual di seluruh Eropa, ketiga gaya bodi baru dalam jajarannya masing-masing telah menerima Red Dot Award.

Kemenangan rangkap tiga dalam kompetisi desain terkenal di dunia ini mewakili tahun kedua berturut-turut di mana Kia telah mengambil hat-trick penghargaan desain Red Dot, mengikuti kesuksesan serupa pada 2018. Pabrikan ini juga membawa pulang tiga penghargaan Desain iF sebelumnya pada 2019.

Prestasi ini menggarisbawahi reputasi pabrikan Korea untuk desain kelas satu, yang selama lebih dari satu dekade, telah dibentuk oleh Peter Schreyer, Presiden Desain dan Chief Design Officer untuk Kia Motors. Merek ini memenangkan Red-Dot Award pada 2009, dengan Kia Soul. Sejak itu, Kia telah dianugerahi total 24 Red Dot Awards untuk desain kendaraannya.

Hat-trick Kia Ceed

Trofi terbaru telah diberikan kepada masing-masing dari tiga varian Ceed baru: model hatchback Ceed 5-pintu dan model Sportswagon, diluncurkan pada pertengahan 2018, dan ProCeed baru 5-pintu yang mulai dijual di Eropa pada awal 2019.

Seperti model asli yang diluncurkan pada 2007, Ceed baru adalah mobil kompak untuk Komunitas Eropa, dengan Desain Eropa. Sebuah mobil Eropa sejati, rangkaian model baru dirancang di pusat desain Kia Eropa di Frankfurt di bawah arahan Peter Schreyer dan Gregory Guillaume, Kepala Desain Eropa. Rekayasa dan pengembangan dilakukan oleh pusat penelitian dan pengembangan merek di Rüsselsheim, dan ketiga tipe tubuh diproduksi di Slovakia.

Garis-garis yang bersih dan lurus menjadi ciri desain keluarga Ceed baru, yang mengambil inspirasi dari sedan sport fastback Kia Stinger baru - itu sendiri merupakan pemenang Penghargaan Red Dot pada 2018. Hatchback Ceed lima pintu lebih lebar dan lebih rendah dari pendahulunya, kabin diposisikan lebih jauh ke arah belakang mobil, memberikan sikap dan bentuk yang lebih sportif. Dalam profil, pilar-C memberikan garis jendela atas bentuk 'setengah bulan' yang elegan.

Ceed Sportswagon membawa lebih banyak ruang dari sebelumnya ke kelas kompak: model generasi ketiga telah bertambah panjang, dan menawarkan ruang bagasi lebih banyak kepada pemilik (625 liter) daripada sebagian besar pesaingnya, dan bahkan sejumlah kendaraan dengan segmen lebih tinggi. Dengan proporsi yang cerdas dan desain baru yang dinamis, Ceed Sportswagon lebih sportif daripada pendahulunya.

ProCeed baru memiliki desain yang sama sekali baru untuk Kia, dan merupakan rem pemotretan kompak pertama dari pabrikan utama. ProCeed menggabungkan desain yang menakjubkan dan elegan dengan ruang dan keserbagunaan seorang turis, menonjol dari saudara kandungnya dengan postur dan proporsi yang unik.

Dengan tinggi 1.422 mm, mobil ini adalah kendaraan terendah di segmen mobil keluarga. Elemen yang menentukan dari profilnya adalah garis atap dinamis, yang berakhir pada kaca depan belakang yang tajam. Desain khasnya terutama terlihat dari belakang, dengan garis yang menyala yang menghubungkan lampu belakang LED, memberi ProCeed tanda tangan cahaya yang unik.

ProCeed dan Ceed tersedia sebagai model 'GT' berdaya tinggi, ditenagai oleh 150 kW (204 ps) mesin 1,6 liter T-GDi (injeksi langsung bensin turbocharged) direct-injection. Total enam mesin bensin dan diesel rendah emisi, masing-masing sesuai dengan standar emisi Euro 6d-TEMP baru, tersedia di seluruh keluarga Ceed. Spektrum luas dari teknologi terbaru ini mencakup sistem Lane Follow Assist ‘Level Dua yang otonom dan kaca depan yang dipanaskan.

Red Dot Awards: lebih dari 5.500 produk dari 55 negara dikirimkan

Sejak diluncurkan pada tahun 1955 oleh Pusat Desain Rhine-Westphalia Utara, Red Dot Awards telah menjadi salah satu kompetisi desain paling bergengsi di seluruh dunia. Panel juri terdiri dari 40 desainer independen, profesor desain, dan jurnalis dari seluruh dunia.

Red Dot Awards disajikan dalam tiga kategori (Desain Produk, Desain Komunikasi, dan Konsep Desain), dan dinilai berdasarkan kriteria seperti inovasi, kualitas formal, fungsionalitas, dan kompatibilitas ekologis. Pada 2019 perusahaan dari 55 negara memasukkan lebih dari 5.500 produk ke dalam skema penghargaan.

Presentasi resmi Red Dot Awards akan berlangsung pada 8 Juli 2019 di Essen, Jerman di Aalto Theater, sebuah gedung opera yang dirancang oleh Alvar Aalto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper