9 Tahun Lalu, Toyota Catat Prestasi Jual Sejuta Unit Mobil Hibrida di AS

Sembilan tahun lalu, Toyota Motor Company mencatatkan prestasi dalam penjualan mobil di AS setelah berhasil menjual lebih dari 1 juta unit mobil hibrida di Negeri Paman Sam.
Kahfi | 12 Maret 2019 09:12 WIB
Toyota Prius Hybrid. - www.treehugger.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Sembilan tahun lalu, Toyota Motor Company mencatatkan prestasi dalam penjualan mobil di AS setelah berhasil menjual lebih dari 1 juta unit mobil hibrida di Negeri Paman Sam.

Dilansir dari History.com, Selasa (12/3/2019), penjualan lebih dari 1 juta kendaraan hibrida gas-listrik itu disokong oleh enam merek milik Toyota, plus Lexus. Keberhasilan yang terjadi pada 11 Maret 2009 tersebut dipimpin oleh Prius, mobil hybrid massal pertama di dunia yang diluncurkan di Jepang pada Oktober 1997 dan diperkenalkan di AS pada Juli 2000.

Ketika Prius memulai debutnya pada 1997, mobil itu dianggap sebagai "pertaruhan," menurut laporan Wired pada Mei 1998. Sebab, saat itu, kampanye global terkait pemanasan bumi karena emisi baru mulai tumbuh.

Teknologi hybrid Prius--yang menggunakan motor listrik untuk menambah daya dari bensin, menghasilkan emisi yang lebih rendah dan jarak tempuh gas yang lebih tinggi--dengan cepat menarik konsumen. Prius pun populer dengan cepat.

Para penghuni Hollywood dan selebriti yang sadar lingkungan termasuk Leonardo DiCaprio dan Cameron Diaz terlihat mengemudikan Prius mereka di sekitar Los Angeles, AS.

Bahkan, untuk Academy Awards 2003, Toyota menyediakan armada Prius kepada para selebritas seperti Harrison Ford dan Calista Flockhart. Antara 2000 dan Februari 2009, Toyota menjual lebih dari 700.000 Prius di AS, atau lebih dari separuh dari 1,2 juta unit Prius yang dibeli di seluruh dunia.

Toyota kemudian memperluas kestabilan hibrida dengan menghadirkan Lexus RX 400h pada April 2005, kendaraan mewah bertenaga hibrida pertama di dunia, dan Highlander Hybrid SUV, yang memulai debutnya pada Juni 2005. Versi hybrid dari sedan Camry terlaris Toyota mengikuti pada April 2006 dan sekaligus menjadi hibrida Toyota pertama yang dibuat di AS.

Pada 2008, Toyota melewati General Motors (GM) AS untuk menjadi pembuat mobil terbesar di dunia. GM, yang pada saat itu telah tertatih-tatih bersama dengan sisa industri otomotif yang dihantam krisis ekonomi global dan penjualan mobil yang merosot, menerima kritik karena masih mempopulerkan Hummer yang boros gas dan karena gagal mengembangkan kendaraan hibrida ketika Toyota pertama kali meluncurkan Prius.

Pada pekan yang sama ketika Toyota mengumumkan penjualan unit mobil hibridanya yang ke-1 juta di AS, Ford Motor Company melaporkan bahwa mereka telah membangun kendaraan hibrida ke-100.000 di AS.

Tag : toyota, mobil hybrid
Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top