Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volkswagen ID. Akan Jadi Pelopor Mobilitas Lestari

Volkswagen berkomitmen pada Kesepakatan Iklim Paris dan meletakkan dasar bagi mobilitas lestari dengan serangan listriknya.
Volkswagen ID. /VW
Volkswagen ID. /VW

Bisnis.com, WOLFBURG - Volkswagen berkomitmen pada Kesepakatan Iklim Paris dan meletakkan dasar bagi mobilitas lestari dengan serangan listriknya.

ID. baru yang masuk tahap produksi di Zwickau pada akhir tahun akan memainkan peran perintis, yakni sebagai mobil listrik pertama Grup tanpa CO2 sepanjang siklus hidup jika pelanggan secara konsisten membebankan biaya dengan tenaga hijau.

Mengenai fase pembuatannya, jejak karbon ID. akan ditingkatkan lebih dari 1 juta ton CO2 per tahun. Ini kira-kira dampak iklim dari pembangkit listrik tenaga batu bara yang memasok 300.000 rumah tangga dengan listrik.

Selain itu, Volkswagen sedang mengerjakan program dekarbonisasi komprehensif yang mencakup langkah-langkah untuk model lain. Merek akan menawarkan lebih dari 20 model sepenuhnya listrik pada tahun 2025.

"Perubahan iklim adalah tantangan terbesar di zaman kita," kata Thomas Ulbrich, Anggota Dewan yang bertanggung jawab atas mobilitas-e pada merek Volkswagen, dalam keterangan pers, Senin (18/2/2019).

Sebagai produsen mobil terbesar di dunia, Volkswagen memikul tanggung jawab, yang mana ID. akan menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi oleh Grup dengan iklim netral.

Untuk memastikan bahwa ID. tetap bebas emisi selama siklus hidupnya, Volkswagen sedang mengerjakan berbagai cara untuk menggunakan tenaga hijau. "Mobilitas yang benar-benar lestari sangat layak jika kita semua menginginkannya dan kita semua mengerjakannya.”

Dewan Kelestarian Grup Volkswagen mendukung komitmen

Georg Kell, Direktur Pendiri Global Compact AS dan juru bicara Dewan Kelestarian Grup Volkswagen, mengatakan bahwa emisi CO2 yang dihasilkan oleh manusia harus dikurangi secepat mungkin.

Sejak didirikan, Dewan Kelestarian Volkswagen telah bekerja keras untuk memastikan bahwa perusahaan menjadikan perlindungan iklim sebagai salah satu prioritas strategisnya.

"Volkswagen mengambil pendekatan yang tepat dengan serangan listrik dan ID-nya. Sekarang saatnya untuk secara kuat mewujudkan rencana ini. "

Volkswagen ID. Akan Jadi Pelopor Mobilitas Lestari

Daya hijau dari sel baterai hingga pengisian daya

Untuk ID., Volkswagen memfokuskan seluruh rantai nilai pada tujuan menghindari dan mengurangi emisi CO2. Sel-sel baterai akan diproduksi di Eropa, energi akan berasal dari sumber daya hijau.

Potensi penghematan yang lebih besar dalam rantai pasokan yang meluas hingga kembali ke produksi bahan baku sedang diperiksa dengan bantuan pemasok langsung dan tidak langsung.

Pabrik di Zwickau sudah menggunakan daya yang diproduksi secara eksternal dari sumber yang terbarukan. Emisi yang tidak dapat dihindari dalam proses manufaktur diimbangi dengan investasi dalam proyek-proyek iklim bersertifikasi. Akibatnya,  ID. akan diproduksi netral CO2 sejak awal.

Untuk pengisian daya, Volkswagen merekomendasikan penggunaan energi dari sumber terbarukan seperti tenaga angin dan tenaga air. Anak perusahaan Volkswagen baru Elli baru-baru ini mulai menawarkan listrik yang diproduksi secara regeneratif yang disebut Volkswagen Naturstrom.

Jaringan pengisian cepat IONITY yang dibuat oleh Volkswagen dan produsen mobil lainnya akan menawarkan daya hijau di sekitar 400 lokasi pengisian daya di jalan raya Eropa - di mana pun tersedia.

Volkswagen menyambut baik transformasi energi Jerman

Karena mobil listrik hanya sebersih daya yang digunakan untuk memproduksi dan mengisi daya mereka, Volkswagen jelas mendukung transisi yang direncanakan Jerman ke pasokan energi berkelanjutan. Bahkan di luar transformasi energi, terobosan mobilitas listrik hanya dapat dicapai dalam aliansi dengan para pemimpin politik.

Dari undang-undang properti perumahan hingga perluasan infrastruktur pengisian publik, tujuannya adalah untuk dengan cepat menghilangkan hambatan yang menghalangi mobil listrik.

Volkswagen ingin menjadikan mobil listrik menarik dan terjangkau bagi sebanyak mungkin orang. ID. kompak akan memulai jalur perakitan di Zwickau mulai akhir 2019.

ID SUV. CROZZ, ID. BUZZ dan sedan ID. VIZZION akan segera menyusul sesudahnya. Merek Volkswagen sendiri berencana untuk berinvestasi sekitar € 9 miliar dalam mobilitas pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper