Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rapid Responder, Mobil Listrik Roda Tiga Penyelamat Korban Kecelakaan

Perusahaan micro-cap Arcimoto meluncurkan kendaraan listrik roda tiga yang akan digunakan paramedis untuk menolong korban kecelakaan lalu lintas
Ambulans dibutuhkan untuk menolong pasien yang gawat darurat./Istimewa
Ambulans dibutuhkan untuk menolong pasien yang gawat darurat./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan micro-cap Arcimoto meluncurkan kendaraan listrik roda tiga yang akan digunakan petugas paramedis untuk menolong korban kecelakaan lalu lintas.

Tujuan dibuatnya kendaraan mungil bernama Rapid Responder adalah untuk mengantarkan dengan cepat korban kecelakaan lalu lintas yang mungkin dalam kondisi kritis. Dengan kata lain, kendaraan mungil ini dapat menggantikan peran mobil ambulan.

Kaki-kakinya yang kecil memungkinkan kendaraan ini bermanuver, dan melewati jalan-jalan kota yang padat. Rapid Responder adalah versi khusus dari kendaraan roda tiga komuter perusahaan.

Pendiri Arcimoto, Mark Frohnmayer mengatakan bahwa para korban kecelakaan tidak perlu khawatir karena pertolongan pertama akan datang dengan cepat.

"Anda dapat memiliki seseorang di tempat kejadian yang dapat memberikan obat, memberikan bantuan pertolongan pertama secepat mungkin," ujarnya seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (16/2/2019).

Minggu lalu, Arcimoto mulai menerima reservasi untuk FUV Evergreen Edition setiap hari di Oregon, California dan Washington. Unit dijadwalkan akan dikirim ke pelanggan pada musim semi.

Kendaraan listrik roda tiga, yang dibanderol dengan harga di bawah US$20.000, telah dikembangkan lebih dari satu dekade. Arcimoto menggambarkannya sebagai sebuah solusi buatan Amerika untuk menanggapi dua tantangan besar dunia yakni pemanasan global dan mendapatkan bahan makanan.

Investor pun nampaknya merespon positif berita seputar mobil listrik roda tiga. Pada Rabu lalu, Bloomberg melaporkan Electrameccanica Vehicle dan mobil Solo-nya memiliki nilai pesanan mencapai US$2,4 miliar. Saham pembuat mobil Kanada melonjak 220% pada hari itu.

Sehari kemudian, saham Eugene, Arcimoto yang berbasis di Oregon melonjak 109% tepat setelah video Bloomberg tentang Arcimoto dan Frohnmayer ditayangkan.

Selain sebagai kendaraan paramedis, Rapid Responder juga telah dipesah sebagai percontohan dan diuji di satuan Pemadam Kebakaran Eugene Springfield.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper