Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Hino 2018 Melejit 34%, Dutro Model Terlaris

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menutup 2018 dengan angka penjualan yang melampaui target.
New Dutro 130 HD, truk ringan terlaris Hino 2018. /HMSI
New Dutro 130 HD, truk ringan terlaris Hino 2018. /HMSI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menutup 2018 dengan angka penjualan yang melampaui target.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), Hino mencatat penjualan sepanjang Januari sampai Desember 2018 sebanyak 40.072 unit, atau melebihi dari target yang ditetapkan pada awal tahun sebanyak 40.000 unit.

Selain itu hasil penjualan tahun ini juga mencatatkan peningkatan signifikan 34% dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya yang sebanyak 30.007 unit.

“Tahun yang luar biasa, yang mana kami dapat melebihi target yang ditetapkan diawal. Penjualan Hino dapat terus tumbuh dan banyak membantu bisnis pengusaha di Indonesia. Untuk itu kami senang dengan hasil yang dicapai dan ini bukti bahwa masyarakat semakin yakin akan ketangguhan dan kekuatan truk Hino dalam memberikan keuntungan yang maksimal dalam bisnis mereka,” ujar Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, dalam keterangan pers, Senin (21/1/2019).

Kategori medium duty truck melalui Hino New Generation Ranger yang sudah menjadi market leader selama 18 tahun ini memberikan sumbangsih penjualan sebanyak 23.901 unit atau 60% dari total penjualan Hino selama satu tahun.

Penjualan medium duty truck ini naik 43% jika dibanding tahun sebelumnya yang membukukan 16.768 unit. Hasil ini membuat New Generation Ranger kembali bertahta menjadi market leader di tahun ke 19 nya dengan menguasai market share sebanyak 64%.

Segmen truk 6x4 untuk bisnis konstruksi dan pertambangan menjadi sektor yang dominan. Ini terlihat pada tipe yang paling banyak dijual selama tahun 2018 adalah Hino New Generation Ranger FM 260 JD dengan total 7.836 unit, atau 33% dari porsi penjualan di segmen medium duty truck.

Sementara unit lainnya yang cukup bagus penjualannya adalah di sektor kargo atau logistic, Hino New Generation Ranger FL 235 JW dengan total 4.561 unit yang laku dipasaran.

Sedangkan untuk kategori truk ringan atau light duty truck, Hino New Dutro berhasil mencapai penjualan sebanyak 15.969 unit atau meningkat 23% jika dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya. Hal ini juga berdampak pada market share Hino New Dutro yang meningkat dari 19.8% menjadi 20.5%. Hino New Dutro 130 HD, truk ringan 6 ban menjadi produk yang terbaik penjualannya selama tahun 2018 ini.

Truk kecil tangguh ini mampu terjual sebanyak 10.270 unit atau 64% dari total penjualan Hino New Dutro selama setahun ini. Sama seperti halnya Ranger, penjualan Dutro pun banyak di topang oleh sektor kargo atau logistic serta konstruksi.

Selain truk, Hino juga mendapat hasil yang positif untuk pasar Bus di Indonesia. selama tahun 2018 ini Hino bus terjual 1.387 unit dengan tipe Hino Bus R260 menjadi yang terlaris penjualannya yaitu sebanyak 1.194 unit. Bus bermesin belakang ini memang andalan bagi para pengusaha otobus. Mesinnya yang bandel dengan tenaga yang mumpuni membuat bus ini memberikan keuntungan yang maksimal bagi para PO baik itu pariwisata maupun transportasi antar propinsi dan kota.

Hasil gemilang yang di capai ini, tidak terlepas dari produk – produk yang berkualitas dan semakin dipercaya oleh konsumen. Selain itu Hino juga memiliki layanan purna jual yang membuat konsumen tidak perlu khawatir akan perawatan dan suku cadang kendaraan Hino, seperti layanan servis perawatan gratis selama 2 tahun atau 60.000 km, serta diler Hino yang sudah tersebar dari Aceh sampai Papua guna memberikan pelayanan yang maksimal dimanapun kendaraan itu berada.

Hal itu sejalan dengan prinsip Total Support yang Hino berikan untuk memaksimalkan operasional kendaraan dan meminimalkan biaya perawatan. Hino memiliki semangat untuk setiap kendaraanya memberi nilai lebih bagi konsumennya.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak, terutama masyarakat dan konsumen kami yang terus loyal menggunakan kendaraan Hino sebagai armada pilihan usahanya. Untuk itu kedepannya kami akan terus meningkatkan layanan agar bisnis konsumen semakin maju. Dan Hino menjadi mitra bisnis sejati bagi konsumen”, terang Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper