Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scania Generasi Baru Pangkas Tagihan Bahan Bakar

Pengangkut Swedia Skaraslaettens Akeri telah mengurangi tagihan bahan bakar tahunan armadanya hingga hampir 10.000 EUR per truk sejak dipasarkan dengan R580 untuk truk Scania R520 baru.
Scania R 250. /SCANIA
Scania R 250. /SCANIA

Bisnis.com, GOETHENBERG - Pengangkut Swedia Skaraslättens Åkeri telah mengurangi tagihan bahan bakar tahunan armadanya hingga hampir 10.000 EUR per truk sejak dipasarkan dengan R580 untuk truk Scania R520 baru.

Selain memiliki 31 truk dan 350 trailer, Skaraslättens juga mensubkontrakkan layanan tambahan dari 50 perusahaan pengangkutan. Mereka bersama-sama mengangkut barang-barang yang masuk dari Asia yang ditujukan untuk pengecer besar seperti Ikea. Pada perjalanan pulang, truk memuat bungkusan kayu untuk diekspor.

Skaraslättens mempertahankan kebijakan untuk memperbarui armada all-Scania secara teratur dan membatasi usia kendaraan hingga maksimum 3 tahun, atau 400.000 kilometer. Ini berarti truk dalam kondisi sangat baik dan masih mendapatkan nilai residu yang sehat ketika dijual.

“Tahun lalu, kami membeli 20 truk baru. Menerima V8 Scania R 520 yang baru ternyata merupakan keberuntungan; perbedaannya luar biasa,” kata Kepala Keuangan Skaraslättens, Håkan Johansson, dalam keterangan pers, Kamis (1o/1/2018)

Kekuatan V8 sangat vital, karena pengangkut sering menangani beban berat dua ton 60 ton. "Ini semua tentang logistik: semakin besar operasinya, semakin banyak tugas yang dapat dilakukan," katanya.

Konsumsi bahan bakar 20 persen lebih sedikit hanya dalam dua tahun

Johansson mencatat bahwa Scania generasi barunya dapat memberikan peningkatan efisiensi bahan bakar 5%, dan menambahkan bahwa Skaraslättens dengan mudah meningkatkan angka ini dalam operasinya.

Faktanya, catatan menunjukkan bahwa truk R 580 Skaraslättens rata-rata 41,5 liter per 100 kilometer pada 2016, yang turun menjadi 39,2 liter pada tahun berikutnya.

Dengan kedatangan truk R 520 baru, konsumsi bahan bakar telah dikurangi menjadi hanya 33,1 liter per 100 kilometer; itu 20% kurang dari 2 tahun lalu.

Di seluruh armada, efisiensi bahan bakar itu berarti penghematan tahunan lebih dari EUR 300.000. "Itu bisa menjadi perbedaan antara membuat atau menghancurkan untuk sebuah perusahaan," kata Johansson.

Insentif pengemudi mempengaruhi penghematan bahan bakar

Penghematan sebagian diteruskan ke pengemudi melalui program insentif; sebagian dari upah per jam didasarkan pada kinerja mengemudi. "Menurut perkiraan saya, saya akan mengatakan bahwa dua pertiga dari konsumsi bahan bakar dapat dikaitkan dengan truk, sementara pengemudi dapat mempengaruhi sisanya," kata Johansson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper