Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemeriksaan Ghosn Diperluas, Munoz di Bawah Pengawasan

Nissan Motor Co Ltd telah memperluas penyelidikannya ke ketua terguling Carlos Ghosn terkait transaksi di Amerika Serikat, India, dan Amerika Latin.
Carlos Ghosn, Ketua dan CEO Aliansi Renault-Nissan, bereaksi pada konferensi pers di Paris, Prancis, 15 September 2017. /REUTERS
Carlos Ghosn, Ketua dan CEO Aliansi Renault-Nissan, bereaksi pada konferensi pers di Paris, Prancis, 15 September 2017. /REUTERS

Bisnis.com, BEIJING - Nissan Motor Co Ltd telah memperluas penyelidikannya ke ketua terguling Carlos Ghosn terkait transaksi di Amerika Serikat, India, dan Amerika Latin, tiga orang dengan pengetahuan penyelidikan mengatakan.

Dalam satu aspek penyelidikan internal mereka, penyelidik perusahaan mencari keputusan yang dibuat di Amerika Serikat oleh Jose Munoz yang memimpin operasi Nissan Amerika Utara dari 2014 hingga 2018. Munoz baru-baru ini diberi cuti karena penyelidikan, mereka menambahkan.

Nissan mengatakan bulan ini bahwa Munoz, kepala pejabat kinerjanya dan secara luas dilihat dalam industri sebagai orang dekat Ghosn, sedang cuti "untuk memungkinkan membantu perusahaan dengan berkonsentrasi pada tugas-tugas khusus yang timbul dari peristiwa baru-baru ini."

Namun, Munoz tidak bekerja sama dengan penyelidik, dua orang dengan pengetahuan tentang penyelidikan mengatakan, keduanya menggambarkan tindakannya sebagai "penghalang".

Salah satu sumber menggambarkan Munoz, yang saat ini mengepalai operasi Nissan di China, sebagai "orang yang tertarik" dalam penyelidikan, menambahkan bahwa tidak jelas apakah ia akan dituduh melakukan kesalahan.

Munoz, 53, tidak menjawab permintaan Reuters untuk memberikan komentar. Orang-orang yang mengetahui penyelidikan berbicara kepada Reuters dengan syarat anonim karena sensitivitas masalah ini. Seorang pengacara Ghosn, Motonari Otsuru, mengatakan dalam komentar melalui email: "Saya tidak mengetahui hal ini."

Beberapa pertanyaan yang diajukan kepada Munoz terkait dengan hak waralaba dealer, salah satu sumber mengatakan. Pertanyaan lain berkaitan dengan kontrak dengan pemasok suku cadang dan penyedia layanan yang disetujui Munoz ketika ia memimpin operasi Nissan AS, kata sumber lain.

Sumber tersebut mengatakan temuan yang dibuat sebagai bagian dari penyelidikan atas urusan Ghosn di pasar A.S. sedang dibagikan dengan jaksa penuntut. Jaksa Tokyo menolak berkomentar.

Nissan mengatakan penyelidikan internalnya telah mengungkap "bukti pelanggaran yang substansial dan meyakinkan" oleh Ghosn dan bahwa ruang lingkupnya sedang berkembang.

Ghosn, yang pernah menjadi eksekutif paling terkenal di industri otomotif dan jangkar aliansi Nissan dengan Renault SA Prancis, dituduh melaporkan pendapatannya dalam jumlah yang kurang. Pada Jumat, ia juga didakwa dengan pelanggaran kepercayaan, dituduh memindahkan kerugian investasi pribadi senilai 1,85 miliar yen (US$17 juta) ke Nissan.

Dalam penampilan publik pertamanya sejak penangkapan 19 November, Ghosn menyatakan tidak bersalah di pengadilan pada Selasa, mengatakan bahwa dia tidak pernah menerima kompensasi yang tidak diungkapkan dan bahwa Nissan tidak menderita kerugian karena pemindahan sementara kontrak valuta asing pribadi.

Transfer itu merupakan langkah sementara untuk mencegahnya mengundurkan diri dan menggunakan dana pensiunnya sebagai jaminan, kata Ghosn.

Sumber yang akrab dengan masalah ini juga mengatakan para penyelidik Nissan sedang memeriksa keputusan waralaba dealer lainnya di beberapa negara di mana Ghosn berperan dalam pengambilan keputusan untuk melihat apakah ada kesalahan.

Secara khusus, para penyelidik mobil melihat peran Ghosn dalam apa yang digambarkan oleh orang dalam Nissan kepada Reuters sebagai keputusan mengejutkan pada 2008 untuk memilih perusahaan bernama Hover Automotive India Pvt Ltd (HAI) sebagai mitra Nissan untuk pemasaran, penjualan, layanan purnajual dan pengembangan dealer di India.

Perusahaan lain, TVS, telah disiapkan untuk peran tersebut setelah banyak penelitian oleh manajemen Nissan di India ketika Ghosn secara pribadi turun tangan pada menit terakhir untuk mendorong HAI, kata empat orang dalam Nissan.

Mereka menambahkan bahwa pada 2012, HAI menjadi perusahaan penjualan nasional eksklusif Nissan di India, meskipun relatif tidak berpengalaman dalam mendistribusikan kendaraan ke dealer.

Reuters tidak dapat menemukan perwakilan untuk HAI, yang menurut Kantor Pendaftaran India dibubarkan pada 11 September 2018. TVS tidak menanggapi permintaan komentar.

Penyelidikan juga melihat pembayaran yang tampaknya terlalu besar untuk layanan pengawal Ghosn di Brasil, salah satu sumber mengatakan.

Pengacara Ghosn, Otsuru, tidak menanggapi permintaan komentar atas perluasan penyelidikan Nissan ke dalam transaksi di India dan Brasil. Perwakilan A.S. untuk Ghosn menolak berkomentar.

Satu sumber juga mengatakan Nissan sedang melakukan audit terhadap beberapa mitra distribusi di Timur Tengah, termasuk Arab Saudi Al-Dahana yang memiliki setengah dari usaha patungan yang disebut Nissan Gulf dengan separuh lainnya dipegang oleh unit yang sepenuhnya dimiliki oleh Nissan Motor.

Al-Dahana, perusahaan pengembangan pemasaran dan dealer, mayoritas dimiliki oleh Khaled Al-Juffali, wakil ketua salah satu konglomerat terbesar Arab Saudi. Reuters telah melaporkan bahwa Al-Juffali adalah orang yang menurut jaksa mengatur surat kredit untuk Ghosn atas kontrak valuta asingnya, setelah itu perusahaan yang dimiliki Al-Juffali menerima empat pembayaran dengan total US$14,7 juta.

Ghosn dan Khaled Juffali Company menyatakan bahwa pembayaran itu untuk tujuan bisnis yang sah. Ditanya tentang audit tersebut, seorang perwakilan untuk Perusahaan Khaled Juffali mengatakan perusahaan itu berdiri dengan pernyataan sebelumnya.

Eksekutif Nissan lainnya, Arun Bajaj, wakil presiden senior untuk sumber daya manusia dan yang memimpin pengembangan bakat untuk aliansi Nissan dengan Renault dan Mitsubishi Motors Corp, juga diberhentikan dengan cuti "untuk membantu perusahaan dengan berkonsentrasi pada tugas-tugas khusus yang timbul dari peristiwa terkini."

Bajaj sedang diinterogasi dan bekerja sama dengan penyelidik internal Nissan serta jaksa penuntut, kata sumber itu, menambahkan bahwa mereka mengharapkan dia kembali bekerja segera. Tidak jelas apa pertanyaan itu. Bajaj tidak menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar.

Ghosn tidak mungkin diberikan jaminan dan diperkirakan akan tetap dalam tahanan selama persidangannya seperti yang sering terjadi di bawah sistem kriminal Jepang, Otsuru mengatakan kepada wartawan pekan ini. Pengadilan Ghosn mungkin tidak akan dimulai selama 6 bulan lagi, tambahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper