Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volkswagen Berencana Gunakan Pabrik Ford AS Produksi Mobil

Chief Executive Volkswagen AG mengatakan pada Selasa setelah pertemuan di Gedung Putih bahwa pembuat mobil Jerman itu akan membangun aliansi dengan Ford Motor Co dan kemungkinan menggunakan pabrik pembuat mobil AS untuk membangun mobil.
CEO Volkswagen Herbert Diess dan ketua lobi Thomas Steg. /REUTERS
CEO Volkswagen Herbert Diess dan ketua lobi Thomas Steg. /REUTERS

Bisnis.com, WASHINGTON - Chief Executive Officer Volkswagen AG mengatakan pada Selasa setelah pertemuan di Gedung Putih bahwa pembuat mobil Jerman itu akan membangun aliansi dengan Ford Motor Co dan kemungkinan menggunakan pabrik pembuat mobil AS untuk membangun mobil.

CEO VW Herbert Diess mengatakan bahwa perusahaan juga mempertimbangkan membangun pabrik mobil kedua di Amerika Serikat.

Dia menambahkan, "Kami berada dalam negosiasi dan dialog yang cukup maju dengan Ford Corporation untuk benar-benar membangun aliansi otomotif global, yang juga akan memperkuat Industri otomotif Amerika."

Ketua Eksekutif Ford Bill Ford Jr mengatakan kepada wartawan di sebuah acara dekat Detroit pada Selasa bahwa pembicaraan dengan Volkswagen tentang aliansi akan "sangat baik."

Ditanya tentang komentar Diess bahwa VW dapat menggunakan sebagian kapasitas Ford yang tidak terpakai untuk produksi mobil, Bill Ford mengatakan bahwa perusahaan "belum mendapatkan detail dalam pembicaraan kami."

Penasihat perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro, mengatakan kepada Fox Business News, Selasa bahwa dia mempertimbangkan jalur yang benar-benar baik untuk membuat perusahaan berinvestasi lebih banyak di Amerika.

Dia menambahkan bahwa produsen mobil Jerman tidak akan datang ke meja di sini untuk berbicara dengan kami kecuali Presiden memiliki tarif otomatis di atas meja."

Meskipun Komisi Eropa menangani negosiasi perdagangan atas nama blok perdagangan umum, administrasi Trump telah memanggil bos otomatis sebagai bagian dari kampanye untuk "menyeimbangkan" arus perdagangan global.

Pekan lalu, BMW mengatakan sedang mempertimbangkan membangun pabrik manufaktur kedua di Amerika Serikat yang dapat memproduksi mesin dan transmisi, menarik pujian dari Trump, yang telah membuat revitalisasi manufaktur AS menjadi pilar utama program ekonominya. Pada Selasa, BMW menekankan bahwa mereka belum membuat keputusan akhir.

Zetsche mengatakan itu "tidak mungkin" untuk membangun semua kendaraan yang dijual di Amerika Serikat karena volume kecil mobil mewah kecil.

Departemen Perdagangan telah mengedarkan rancangan rekomendasi ke Gedung Putih pada penyelidikannya mengenai apakah akan memberlakukan tarif hingga 25% pada mobil impor dan suku cadang di wilayah keamanan nasional, Reuters melaporkan pada November.

penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan dia tidak berpikir bahwa tarif mobil sudah dekat, meskipun ia menambahkan bahwa mereka berada dalam panah Trump.

Pejabat pemerintah AS yang menjelaskan masalah ini mengatakan kepada Reuters pada Senin bahwa tidak ada laporan akhir tentang penyelidikan yang diharapkan untuk setidaknya beberapa pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper